Ogan Komering Ulu meraih anugerah pesona desa wisata 2023

id Desa wisata, objek wisata air, PGE Lumut Balai, Dinas Pariwisata OKU

Ogan Komering Ulu meraih anugerah pesona desa wisata 2023

Malam Anugerah Pesona Desa Wisata 2023 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang pada Rabu (9/8). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan meraih penghargaan Anugerah Pesona Desa Wisata se Sumsel tahun 2023 dengan wisata andalannya yaitu Belanting River Tubing.

"Anugerah Pesona Desa Wisata se Sumsel tahun 2023 yang diterima Kabupaten OKU juara 1 kategori daya tarik pengunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi di Baturaja, Kamis.

Piagam penghargaan itu sendiri diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru saat malam Anugerah Pesona Desa Wisata 2023 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang pada Rabu (9/8).

Dia menjelaskan, Desa Kelumpang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU yang memiliki potensi wisata air di sekitar Sungai Ogan.

Sejak tahun 2021, Pertamina Geothermal Energy (PGE) Lumut Balai menjalankan program pemberdayaan masyarakat yang diawali dengan pelatihan kemandirian kelompok Karang Taruna sebagai penggerak untuk pengembangan objek wisata ke komunitas Body Rafting Santirah Pangandaran.

Setelah mendapatkan pelatihan, kata dia, berbagai sarana dan peralatan pun telah dberikan PGE kepada kelompok Belanting untuk dijadikan inventaris pelayanan pengunjung yang ingin bermain rafting tubing.

Hingga 2023 merupakan tahun ke-3 PGE Lumut Balai melakukan pembinaan kepada kelompok Belanting untuk memberikan bantuan berupa inovasi program pengembangan objek wisata.

Manfaat yang terbesar dirasakan adalah dengan keterlibatan beberapa pemuda dari setiap desa di Kecamatan Ulu Ogan untuk menjadi tenaga tour guide sehingga kearifan lokal ini patut terus dilestarikan oleh masyarakat.

"Belanting River Tubing (BRT) merupakan objek wisata baru yang memiliki daya tarik wisatawan yang dapat mengangkat derajat Desa Kelumpang pada tahun 2023 menjadi Desa Wisata," ujarnya.

Sementara, General Manager PGE Lumut Balai Hadi Suranto menyampaikan apresiasi atas juara 1 kategori daya tarik pengunjung yang diraih Kelompok Mitra Binaan CSR Belanting Desa Kelumpang.

Menurut Hadi, selain pengembangan wisata air, beberapa program CSR pemberdayaan masyarakat pun telah dilaksanakan untuk mendukung desa wisata antara lain kelompok kerajinan bambu, budi daya durian dan budi daya Kopi Ulu Ayakh.