Indah dan Bernadus jadi bintang cabang para-atletik Peparpenas X/2023

id bintang paraatletik, peparpenas 2023, palembang sumsel

Indah dan Bernadus jadi bintang cabang para-atletik Peparpenas X/2023

Atlet putri Indah Khoirunnisa (Jabar) dan Bernadus Zadrak (Papua) menjadi bintang di cabang paraatletik Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 di Jakabaring Sport City Kota Pelembang Sumatera Selatan. (ANTARA/Nova Wahyudi-rep)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Atlet Indah Khoirunnisa dari Jawa Barat dan Bernadus Zadrak dari Papua menjadi bintang di cabang para-atletik Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 di Jakabaring Sport City Kota Pelembang Sumatera Selatan.

Berdasarkan data hasil pertandingan, Jumat, kedua atlet yang turun di kategori T-20 atau tuna grahita itu masing-masing meraih tiga medali emas, bahkan masing-masing memecahkan dua rekor Peparpenas.

Keduanya sama-sama meraih medali emas pada nomor lompat jauh T-20 pada hari pertama lomba.

Pada lompat jauh putri, Indah mencatat lompatan sejauh 4,48 meter sekaligus memecahkan rekor Peparnas, sedangkan Bernadus Zadrak juga meraih emas pada lompat jauh putra dengan lompatan 5,75 meter yang juga memecahkan rekor.

Pemecahan rekor kedua mereka terjadi pada nomor lari 100 meter putri dan 800 meter putra. Pada nomor 100 meter putri Indah mencatat waktu 13,30 detik memperbaiki rekor sebelumnya 14,26 detik.

Sedangkan Bernadus mencatatkan rekor keduanya pada nomor 800 meter putra dengan waktu 2 menit 5,97 detik, menumbangkan rekor sebelumnya 2 menit 15,54 detik milik Alfin Neomeli.

Tak sampai di situ, Indah dan Bernadus juga meraih medali emas pada nomor lari 400 meter yang diraih pada hari terakhir perlombaan di cabang para-atletik.

Dengan hasil itu, baik Bernadus maupun Indah sama-sama mencatat hasil sempurna pada nomor pertandingan yang diikutinya dengan hasil maksimal medali emas.

Pada hari terakhir penyelenggaraan Peparpenas 2023, Jumat, terdapat total 39 medali emas yang diperebutkan, masing-masing 16 emas dari para-atletik, 20 emas para-renang, dan tiga emas dari para-tenis meja.