"Triga" maskot Peparpenas X/2023 Sumsel

id peparpenas 2023,maskot tigra, olahraga, paralimpik pelajar

"Triga" maskot Peparpenas X/2023 Sumsel

Triga, maskot Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 Sumsel dalam beberapa hari terakhir telah menghiasi jalan utama di Kota Palembang. (ANTARA/HO/Ist)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Triga, maskot Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 Sumsel dalam beberapa hari terakhir telah menghiasi jalan utama di Kota Palembang.

Palembang akan menjadi tuan rumah perhelatan yang akan berlangsung 29 Juli - 5 Agustus 2023 itu.

Triga diambil dari hewan khas Sumatera yakni harimau sumatera atau yang bernama latin sumatrae panthera tigris. Nama Tigris inilah yang kemudian menjadi nama  dari Tigra.

Bukan sekali ini maskot event olahraga di Sumsel diambil dari binatang hutan itu. Pada PON XVI/2004 Palembang, Rimau juga menjadi maskotnya, yang diambil dari Harimau.

Peparpenas X/2023 digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, yakni pertandingan atlit-atlit pelajar difable. Mereka yang berasal dari 26 provinsi di  Indonesia akan bertanding di enam cabang olahraga paralimpik yakni para atletik, para renang, para tenis meja, parabulutangkis, paracatur dan bocia.

Rencananya Peparpenas X/2023 akan dibuka oleh Menpora RI Dito Ariotedjo di Palembang Sport Convention Center (PSCC)  pada 1 Agustus 2023.