Caca Tengker ajak orang tua kenalkan anak cara kelola keuangan

id tips keuangan, tips parenting,berita sumsel, berita palembang,menabung

Caca Tengker ajak orang tua kenalkan anak cara kelola keuangan

Ilustrasi mengatur keuangan (ANTARA/Shutterstock/nidduazder)

Jakarta (ANTARA) - Pemengaruh sekaligus psikolog Alsi Mega Marsha Tengker atau akrab disapa Caca Tengker mengajak orang tua untuk memperkenalkan cara dalam mengelola keuangan kepada anak sedari dini.

Melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin, Caca memperkenalkan cara mengelola keuangan kepada dua anaknya dengan cara yang mudah, seperti menjelaskan mana barang yang sekiranya berguna dan menjadi prioritas untuk dibeli terlebih dahulu. Lambat laun, anak akan memahami dasar dari literasi finansial yaitu bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. 

Caca juga mengutarakan bahwa sulit untuk memberikan pengertian konsep value of money kepada anaknya, karena hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat dipegang atau dilihat secara langsung.

Jadi cara terbaik menurut Caca adalah, orang tua harus bisa memberikan contoh bagi anak-anaknya. Apabila memang orang tua ingin mengarahkan agar anak tidak boros ketika berbelanja di mall atau ketika “lapar mata” melihat konten di internet, orang tua harus bisa memberikan contoh dengan tidak belanja secara impulsif.

Dengan mengenalkan habit finansial kepada anaknya, Caca menegaskan hal ini akan memengaruhi sifat dan tingkah laku anak-anaknya ketika dewasa kelak.