Cukur rutin brewok penting kesehatan kulit wajah

id Mencukur brewok,kulit wajah,Dermatologist,dr. Hari Darmawan,lembab, pertumbuhan bakteri,berita sumsel, berita palembang

Cukur rutin brewok penting kesehatan kulit wajah

Ilustrasi mencukur brewok (ANTARA/freepik.com)

Jakarta (ANTARA) - Dermatologist dr. Hari Darmawan, Sp.KK mengingatkan bahwa rutin mencukur rambut di wajah atau brewok sangat penting untuk kesehatan kulit.

“Dari segi medisnya, kalau wajah kita banyak ditumbuhi sama kumis, jenggot, itu sebenarnya jadi media pertumbuhan bakteri. Karena kulit kita jadi lebih lembab, pertumbuhan bakteri juga makin banyak. Sehingga bisa menimbulkan infeksi. Jadi penting banget untuk rajin bercukur agar bersih dan terawat,” kata Hari saat dijumpai di Jakarta Selatan, Kamis.

Lebih dalam, Hari yang juga berpraktik di RS Siloam ini juga mengungkapkan bahwa mencukur brewok juga akan tergantung masing-masing individu. Apabila seseorang yang memiliki hormon testosteron lebih tinggi maka rambut di wajahnya akan semakin lebat.

Namun umumnya, Hari menjelaskan bahwa pertumbuhan rambut di wajah sekitar 0,5 sampai 1 cm per bulan. Jadi disarankan minimal sekali seminggu bercukur.