Tidak semua plastik bisa digunakan ulang

id Kesehatan,Lingkungan,Plastik,Daur ulang,reuse

Tidak semua plastik bisa digunakan ulang

Ilustrasi botol plastik (Pexels/Mali Maeder)

Jakarta (ANTARA) - Pakar Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Yeyen Anggraeni menjelaskan bahwa tidak semua plastik bisa digunakan ulang (reuse) karena beberapa mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

"Beberapa orang berdalih menggunakan botol air mineral kemasan lebih dari sekali untuk mengurangi sampah plastik, padahal sudah jelas bahannya tidak bisa digunakan kembali untuk makanan atau minuman, hanya sekali pakai karena jenisnya PET atau recycle 1, artinya tidak bisa dipanaskan, apalagi reuse," kata Yeyen pada diskusi tentang limbah plastik yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Yeyen menjelaskan masyarakat bisa membedakan mana plastik yang bisa digunakan kembali dengan melihat angka di bagian belakang botol atau kemasan.

"Bisa dilihat kode di belakang botolnya, ada segitiga daur ulang dengan panah-panah melingkar dan kode angka di tengahnya, yang bisa digunakan kembali itu dengan kode 5 atau polypropylene (PP)," tuturnya.

Namun, Yeyen menjelaskan bahwa menurut beberapa sumber, bahan PP hanya dapat digunakan dalam waktu enam bulan saja, sehingga masyarakat harus tetap berhati-hati.