Polisi Palembang siapkan pengamanan Hari Buruh pada 1 Mei secara humanis

id Aksi Buruh, 1 Mei 2023, Polrestabes Palembang

Polisi Palembang siapkan pengamanan Hari Buruh pada 1 Mei secara humanis

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono. ANTARA/M Riezko Bima Elko P.

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kota Besar Palembang, Sumatera Selatan siap mengawal serangkaian kegiatan memperingati Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei 2023, secara humanis dan proporsional.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono, di Palembang, Sabtu, mengatakan ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan masyarakat, khususnya oleh kalangan pekerja Sumsel untuk memperingati hari buruh di Palembang.

Dari hasil analisa dan data kepolisian pada tahun-tahun sebelumnya bentuk setiap kegiatan tersebut sifatnya berupa regional hingga unjuk rasa, katanya.

Dari setiap kegiatan peringatan hari buruh tersebut, menurutnya, kepolisian harus memastikan pelaksanaannya berlangsung tertib aman dan lancar karena menyangkut massa.

Untuk itu, Kepolisian Resor Kota Besar Palembang menurunkan sebanyak 1.200 personel dari setiap satuan tugas kepolisian setempat.

Ribuan personel polisi diterjunkan ke beberapa lokasi yang melangsungkan aksi massa dengan perintah bertugas secara humanis, proporsional dan mengedepankan diskusi.

Pihaknya memetakan titik keramaian aksi massa tersebut meliputi kawasan Benteng Kuto Besak, Jalan Jendral Sudirman (traffict light Rumah Sakit Charitas), Jalan Kapten A Rivai (Kantor Gubernur Sumatera Selatan) hingga Simpang Lima DPRD Sumatera Selatan.

"Kami juga berkoordinasi dengan kelompok atau aliansi buruh setempat untuk itu (menjaga kondisivitas, red)," tandasnya.