Warga OKU gelar pawai takbiran

id Pawai takbiran, malam takbir, Idul Fitri, warga Baturaja, Dishub OKU

Warga  OKU gelar pawai takbiran

Warga Kabupaten OKU antusias meramaikan pawai takbiran menyambut Idul Fitri 1444 Hijriyah, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, meramaikan pawai takbiran mengelilingi Kota Baturaja menggunakan kendaraan roda dua dan empat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Senang sekali mengikuti pawai takbiran malam ini yang digelar bersama umat Islam dengan penuh sukacita," kata Herman, salah seorang warga Baturaja ibu Kota Kabupaten OKU, Jumat.

Menurut dia, pawai takbiran ini sangat dirindukan masyarakat Kabupaten OKU setelah beberapa tahun tidak digelar karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi COVID-19.

Herman mengaku senang mengikuti kemeriahan dan kegembiraan yang dirasakan bersama setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa.

"Hampir seluruh warga di kampung kami datang meramaikan pawai ini menggunakan kendaraan yang disiapkan oleh ketua masjid maupun milik pribadi," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan OKU Agus Salim, melalui Kasi Lalulintas Jauhari secara terpisah mengatakan ada sekitar 50 kendaraan roda empat dan ratusan sepeda motor yang mengikuti pawai malam takbiran menyambut Lebaran.

Untuk memastikan pawai takbiran berjalan aman dan lancar, pihaknya melakukan pengawalan mulai dari rute pawai di Pendopo Rumah Bupati OKU menuju Bakung hingga finis ke tempat awal.

Dalam pengawalan Dishub OKU mengerahkan sebanyak 30 personel agar pelaksanaan pawai takbiran berjalan tertib dan tidak mengganggu penggunaan jalan lainnya.

Pihaknya pun menyiagakan petugas di 12 titik persimpangan jalan protokol di pusat Kota Baturaja guna mengatur arus lalu lintas.

Seperti di simpang empat Sukajadi, persimpangan Tiga Gajah, Bakung dan Tugu Batu yang menjadi titik fokus pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.*