Pengisian saldo E-toll di GT Kramasan Indralaya capai 300 kendaraan per hari

id JTTS, Kayuagung-Palembang,Arus Mudik, Lebaran 1444 Hijriyah

Pengisian saldo E-toll di GT Kramasan Indralaya capai 300 kendaraan per hari

Kendaraan pemudik yang berhenti di bahu jalan depan GT Kramasan, Ogan Ilir, dari arah Kota Palembang, Sumatera Selatan untuk melakukan pengisian saldo E-toll, Selasa (18/4/2023) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Ogan Ilir, Sumatera Selatan (ANTARA) - Jumlah pengisian ulang saldo E-toll di Gerbang Tol (GT) Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, mencapai sekitar 300 unit per hari yang dilayani oleh petugas di lokasi pada H-4 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau 18 April 2023.

Manager Operasional JTTS ruas Kayuagung-Palembang PT Waskita Sriwijaya Tol Sabdo Harimurti, di Indrayala, Ogan Ilir, Selasa, mengatakan pemudik yang mengisi ulang saldo E-toll masih terbilang cukup tinggi.

Kemudahan yang didapatkan pemudik menjadi salah satu faktor tingginya pengisian saldo di GT ketimbang di toko swalayan atau gerai lainnya, kata dia.

Hal tersebut dikarenakan pihak perusahaan telah melengkapi GT Kramasan denggan fasilitas isi ulang kartu tol sebanyak delapan unit, menyiapkan kartu uang elektronik lebih dari 5.000 unit, mobile reader delapan unit.

Adapun berdasarkan laporan petugas gerai pengisian saldo di GT Kramasan rata-rata ratusan pemudik tersebut melakukan pengisian saldo senilai Rp100 ribu dengan waktu isi ulang maksimal 5 menit.

Untuk itu, Sabdo menyebutkan, walaupun jauh lebih mudah tapi pihaknya mengimbau pemudik akan lebih baik hindari melakukan pengisian saldo saat berada di GT karena dampaknya akan memicu antrean panjang kendaraan di sana.

“Ini terus kami sosialisasikan, karena kebanyakan mereka kira saldo cukup tapi saat sudah tiba tepat di GT ternyata kurang. Jadi akan lebih baik bila mengecek dulu dan mengisinya saldo sebelum menuju GT,” kata dia.

Adapun pantauan di lokasi, tampak kendaraan pemudik meliputi mobil bus AKAP, bus travel kecil, mobil pribadi berbagasi di atap bernomor polisi di antaranya dari Palembang, Jambi, Pekanbaru mulai berdatangan, Selasa sore.

Rombongan kendaraan pemudik tersebut, datang dari arah Kertapati, Kota Palembang lalu masuk ke GT Kramasan, Ogan Ilir secara tertib dan lancar.

Begitupun sebaliknya, arus kendaraan pemudik yang keluar dari GT Kramasan juga terpantau demikian di antaranya bernomor polisi Jakarta, Lampung, Jawa Tengah.

PT Waskita Sriwijaya Tol mencatat sebanyak 9 ribu kendaraan pemudik telah melintasi JTTS melalui GT Kramasan dari atau menuju Provinsi Lampung pada H-4 Lebaran 2023 ini.

Ribuan kendaraan tersebut tercatat melintas dari GT Kramasan sejak Selasa siang mulai pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB, yang diperkirakan akan terus meningkat sekitar 500 kendaraan per jam hingga H-3, Rabu (19/4).