Pertagas salurkan minyak 15.717 BOPD ke konsunen di Sumsel

id Pertagas, pertagas salurkan minyak 15.717 BOPD, penyaluran minyak ke konsunen, pertagas di Sumsel

Pertagas salurkan minyak 15.717 BOPD ke konsunen di Sumsel

Aktivitas petugas Pertagas di fasilitas penyaluran minyak ke konsunen di Sumsel. (ANTARA/Yudi Abdullah/HO Pertagas/23)

Palembang (ANTARA) - Pertagas sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina selama triwulan pertama 2023 (Januari-Maret) telah menyalurkan minyak bumi 15.717 barel minyak per hari atau 'Barrel of Oil Per Day  (BOPD)'  ke konsunen di wilayah Sumatera Selatan.

"Untuk menyalurkan minyak tersebut, kami mengoperasikan ruas pipa Tempino-Plaju berdiameter delapan inchi sepanjang 262 KM," kata Manager Communcation, Relations & CSR Pertagas Imam Rismanto, di Palembang, Selasa.
 
Dalam kegiatan penyaluran minyak bumi ke konsumen tersebut, hingga kini tetap berjalan lancar meskipun terjadi musibah kebakaran  di stasiun penguat (Booster Station) KM 77 Banyuasin, Sumatera Selatan pada Minggu (16/4).

Kebakaran yang terjadi di area slop tank pada Minggu (16/4) pukul 15.27 WIB itu berhasil dipadamkan pada pukul 16.24 WIB atas respon cepat dari tim Pertagas yang bertugas di lokasi.

Api berhasil dipadamkan menggunakan fire pump, foam chamber dan fire truck yang tersedia di lokasi. 

Tidak ada korban luka maupun korban jiwa saat kebakaran terjadi. 

Reaksi cepat seluruh unit yang bertugas saat kejadian sebagai tanda dari kesiagaan dan profesionalisme perwira Pertagas. 

Seluruh unit dan fasilitas yang digunakan untuk pemadaman juga bekerja dengan baik, seperti seharusnya.

Usai insiden tersebut pada Minggu malam (16/4), Pertagas sudah kembali mengoperasikan Booster Station KM 77 Banyuasin

Setelah dilakukan pengecekan dan melewati berbagai tahapan 'safety', pompa dilakukan aktivasi kembali sehingga penyaluran minyak ke konsumen dapat kembali ke kondisi normal.

"Kami memastikan telah melakukan proses mitigasi hsse untuk pemadaman dan pengamanan yang terjadi pada tanki penampungan (slop tank) di area Booster Station KM 77 Banyuasin," ujar Imam.