Jelang lebaran penjualan kerupuk kemplang khas Palembang meningkat

id sumsel,palembang ,penjualan,kemplang

Jelang lebaran penjualan kerupuk kemplang khas Palembang meningkat

Toko kerupuk dan kemplang di kawasan Pasar 26 Ilir Kota Palembang, Sumatra Selatan (16/4/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Penjualan kerupuk dan kemplang di sejumlah toko dan Pasar Kota Palembang mulai menunjukkan peningkatan menjelang Lebaran 2023.

Salah satu pedagang kerupuk dan kemplang di kawasan Pasar 26 Ilir Angel di Palembang, Minggu, mengatakan jika harga produk yang dijualnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Kalau naik sudah pasti karena harga ikan sekarang kan lagi naik, kebetulan kemplang ini 70 persen pakai ikan tenggiri jadi harga ikan naik mempengaruhi harga kemplang juga," katanya.

Ia menjelaskan pada hari biasa harga kerupuk dan kemplang hanya berkisar Rp55 ribu per kilogram, namun saat ini harganya mengalami kenaikan menjadi Rp60 ribu per kilogram.

"Semuanya hampir naik lima ribu, tapi ada yang sampai sepuluh ribu itu tergantung toko, beda-beda per tokonya," jelasnya.

Ia mengatakan jenis kerupuk yang paling banyak dicari oleh pembeli di tokonya adalah Kerupuk Sanggul Mini yang seharga Rp60 ribu.

"Yang paling laris disini kerupuk sanggul seharga Rp60 ribu, ada juga jenis kerupuk AI dengan seharga Rp55 ribu, serta kemplang jenis mawar Rp45 ribu," ujarnya.

Angel mengungkapkan mendekati hari raya Idul Fitri telah menyediakan kerupuk dan kemplang sekitar 20 bal, satu bal itu berisikan 10 kilogram kemplang dan juga adanya permintaan pembeli dari luar kota.