Takut diterkam harimau, warga Sangir takut ke ladang

id harimau,warga sangir,takut meladang, ternak

Takut diterkam harimau, warga Sangir takut  ke ladang

Ilustrasi- Jejak kaki binatang yang awalnya diduga adalah Harimau Sumatra . (ANTARA/Tangkaoan Layar)

Padang Aro (ANTARA) - Warga Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat  tidak berani ke ladang menyusul kehadiran harimau yang diduga menerkam ternak sapi.

"Lokasi sapi yang diterkam harimau dekat dengan permukiman warga. Daerah itu juga banyak ladang warga," kata Penjabat Wali Nagari Lubuk Gadang Utara Joni Pardilo di Padang Aro, Minggu.

Ia menceritakan, pemilik ternak, Siyo, mendengar suara diduga harimau tak lama setelah sapinya diterkam pada Sabtu sekitar pukul 15.45 WIB. Sapi tersebut digembalakan di padang rumput yang berdekatan dengan hutan, tak jauh dari rumahnya.

"Sudah jadi kebiasaan masyarakat di sini kalau sapi itu digembalakan di padang rumput, kemudian sore dibawa pulang," ujarnya.

Ia menyebutkan di tubuh sapi yang mati tersebut hanya ada bekas gigitan dan tidak ada koyakan bagian tubuh yang dimakan.

Saat ini, imbuhnya warga Jorong Bariang melakukan pengusiran dengan menggunakan suara senapan angin. "Saya juga mengimbau warga untuk sementara tidak pergi ke ladang dan tidak risau," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa warga setempat sudah terbiasa melihat jejak-jejak harimau. "Dari informasi warga, mereka sudah biasa melihat jejak harimau. Tapi yang ini luar biasa karena sudah dua kali harimau muncul meski di tempat berbeda," katanya.

Kemunculan harimau sumatera kali ini merupakan kedua kalinya pada bulat Maret 2023. Harimau sumatera sebelumnya pernah menerkam kerbau warga Koto Rambah, berjarak sekitar 3 kilometer dari Jorong Bariang, pada Minggu (7/3/2023).