"Dlugdag" di Keraton Kasepuhan Cirebon tanda awal ramadhan

id Cirebon,Ramadhan

"Dlugdag" di Keraton Kasepuhan Cirebon tanda awal ramadhan

Patih Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Muhamad Nusantara menabuh bedug saat melaksanakan tradisi "dlugdag" di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/3/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, menggelar tradisi tabuh bedug atau "Dlugdag" yang menjadi salah satu tanda masuk awal Ramadhan, bagi masyarakat sekitar.

"Tradisi ini sudah kami laksanakan turun temurun, untuk memberitahukan bahwa sudah masuk awal Ramadhan," kata Patih Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Muhamad Nusantara di Cirebon, Rabu.
Menurutnya tabuh bedug atau "dlugdag" di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, sudah menjadi tradisi turun temurun, terutama ketika masuk awal Ramadhan, Idul Fitri, dan juga sahur.

Ia mengatakan dengan ditabuhnya bedug, menjadi salah satu tanda bahwa awal Ramadhan sudah tiba, dan bedug yang ditabuh merupakan peninggalan Sunan Gunung Jati.

Tradisi tersebut juga dilakukan oleh Sunan Gunung Jati ketika menyebarkan agama Islam di daerah Cirebon, dan sekitarnya. Hal ini lantaran zaman dahulu bedug menjadi salah satu pertanda.

"