Mahasiswa Unsri sampaikan aspirasi saat Ketua DPR beri kuliah umum

id Ketuaa DPR RI, DPR RI, Puan Maharani, Unsri, aspirasi mahasiswa, BEM KM Unsri

Mahasiswa Unsri sampaikan aspirasi saat Ketua DPR beri kuliah umum

Perwakilan mahasiswa anggota BEM Universitas Sriwijaya menyampaikan aspirasi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani saat memberikan kuliah umum wawasan kebangsaan di kampus Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sabtu (4/3/2023) (ANTARA/HO)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Sekelompok mahasiswa Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, menyampaikan aspirasi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani saat memberikan kuliah umum di kampus kuning itu, Sabtu (4/3).

Anggota Perwakilan Kelompok BEM Universitas Sriwijaya, Mohd Azra Dzaky, di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu, mengatakan setidaknya ada delapan poin utama aspirasi mereka yang disampaikan secara damai kepada Ketua DPR RI kemarin itu.

Setiap poin aspirasi itu bermuatan besar dan penting bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia yang diharapkan dapat dicerna sebagai masukan oleh pihak legislatif, kata dia.

Azra menjabarkan, poinnya meminta kepada DPR RI mengadakan jajak pendapat publik seluas-luasnya dan melaksanakan revisi terhadap Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Cipta Kerja, KUHP, IKN, dan berbagai undang-undang lainnya yang mendapat gejolak ramai di masyarakat.

Meminta DPR RI memastikan perhatian dan pengawasan penuh, terhadap APBN dan kebijakan pemerintah pusat agar Indonesia sepenuhnya bebas dari ancaman resesi 2023.




Lalu, meminta agar DPR RI menjamin masyarakat Indonesia terlindungi dari segala bentuk tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Tak hanya itu, kata dia, DPR RI harus memastikan tindak lanjut laporan pelanggaran HAM masa lalu sesuai dengan fungsi pengawasan yang acuannya diatur dalam undang-undang berlaku.

Dia menambahkan, mahasiswa mendorong DPR RI untuk segera merumuskan berbagai RUU menjawab komitmen Indonesia di kancah internasional.

Sebagai mana hasil Presidensi G-20 beberapa waktu lalu yang membahas tujuh isu prioritas, di antaranya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim dunia saat ini.

DPR RI pun diharapkan mahasiswa agar memastikan dan menjamin netralitas seluruh institusi pendidikan di Indonesia dalam menghadapi masa kampanye Pemilu dan Pilpres 2024, tutupnya.

Untuk diketahui, Puan Maharani memberikan kuliah umum wawasan kebangsaan bertajuk “Cinta Tanah Air dan Kasih Sayang Sesama Anak Bangsa” di sela agenda kunjungan kerja dirinya sebagai Ketua DPR RI di daerah setempat sejak Jumat, 3 Maret 2023.

Pada kesempatan itu ada sebanyak 35 ribu mahasiswa Unsri yang menghadiri kuliah umum dari cucu presiden pertama RI, yang berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi Unsri Kampus Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Puan menyempatkan diri berbincang dengan mahasiswa Unsri yang berasal dari berbagai daerah se-Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua itu, mengadakan kuis berhadiah laptop dan ponsel untuk dimanfaatkan sebagai modal belajar mahasiswa.

Selanjutnya, Puan Maharani beserta rombongan DPR RI melanjutkan kunjungan kerjanya memantau ketersediaan barang kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Tradisional Indralaya, kemudian mengunjungi pusat kriya berupa kain songket yang dikelola secara mandiri oleh warga di Desa Muara Penimbung Ulu, Indralaya, Ogan Ilir