Susi Pudjiastuti: Penyanderaan pilot sebabkan masyarakat Papua kehilangan pemenuhan hak

id Susi Pudjiastuti,Susi Air,KKB,Papua ,Philip Mark Merthens,penyandraan pilot,kelompok keriminal bersenjata

Susi Pudjiastuti: Penyanderaan pilot sebabkan masyarakat Papua kehilangan pemenuhan hak

Pendiri maskapai penerbangan Susi Air Susi Pudjiastuti (tengah) saat konferensi pers di SA Residence, Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K

Jakarta (ANTARA) - Pendiri/pemilik maskapai penerbangan Susi Air Susi Pudjiastuti menyebut masyarakat Papua kehilangan pemenuhan hak-hak dasarnya, imbas pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru Mark Philip Mehrtens disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menyebut masyarakat Papua dirugikan karena distribusi logistik yang meliputi aspek pemenuhan kebutuhan mendasar menjadi terkendala akibat terganggunya operasional penerbangan pesawat Susi Air.

"Dari sisi bisnis tentu ini sebuah kehilangan yang sangat besar, tapi lebih menurut saya adalah humanity, kemanusiaan, dan hak-hak masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya," kata Susi saat konferensi pers di SA Residence, Jakarta Timur, Rabu.

Selain kebutuhan pokok, Susi menyebut pemenuhan distribusi yang terganggu meliputi pula kebutuhan terkait bahan bakar hingga pengobatan yang sedianya dibutuhkan oleh masyarakat Papua.

"Karena kita juga mengangkut bahan bakar, mengangkut makanan, mengangkut segala macam yang dibutuhkan, membawa yang sakit dapat pengobatan, membawa program-program pemerintah untuk kemajuan masyarakat Papua," ujarnya.

Susi menjelaskan distribusi logistik itu terganggu karena hampir 70 persen operasional penerbangan pesawat Susi Air jenis porter yang melayani penerbangan perintis di wilayah Papua dengan medan pegunungan itu terhenti.

"Karena 70 persen dari penerbangan porter kita sudah akhirnya jadi berhenti sekarang. Kalau proter terbang satu hari 30-40 flight berarti sudah lebih dari 25 flight terhenti," ucapnya.

Adapun secara umum, hampir 40 persen operasional penerbangan pesawat Susi Air jenis pesawat caravan di Papua secara umum itu batal dan tidak bisa beroperasi.