SBY melukis pemandangan Gunung Ciremai saat di Cirebon

id SBY,Melukis gunung, mantan presiden ke 5

SBY melukis pemandangan Gunung Ciremai saat di Cirebon

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) menunjukkan lukisan karyanya berupa pemandangan Gunung Ciremai di Cirebon, Jawa Barat, Senin (2/1/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat melukis pemandangan Gunung Ciremai yang terlihat dari tempat menginap.

"Setelah shalat saya menunggu sebentar untuk mengambil foto, dan setelah itu mulai melukis (pemandangan Gunung Ciremai, red.)," kata dia di Cirebon, Senin.

Ia mengakui lukisan yang dibuatnya selama kira-kira satu jam 15 menit itu belum sepenuhnya selesai. Rencananya, karya itu diselesaikan saat pulang ke Cikeas, Bogor.

Dia menjelaskan lukisan itu dibuat berdasarkan foto yang diambilnya dari balkon kamar hotel, tempat menginap di Cirebon, sekitar pukul 05.30 WIB.

Ia mengaku sudah berencana melukis semenjak tiba di Cirebon pada Minggu (1/1) malam, sehingga seusai Shalat Subuh sempat mengintip Gunung Ciremai melalui jendela kamar hotelnya.

Ia menilai kegagahan Gunung Ciremai belum terlihat jelas karena langit masih gelap, sehingga menunggu beberapa saat untuk kemudian mengambil beberapa foto.

"Lukisan ini (pemandangan Gunung Ciremai, red.) masih perlu sentuhan terakhir atau final touch up, sehingga nantinya akan menjadi semakin indah," tuturnya.

Ia menyampaikan pemandangan Gunung Ciremai merupakan lukisan pertama yang dibuat di Cirebon meski belum sepenuhnya dinyatakan rampung, karena masih membutuhkan sentuhan akhir. Lukisan tersebut merupakan yang keenam atau ketujuh lukisan luar ruang yang dibuatnya sejak menekuni hobi melukis kira-kira 1,5 tahun lalu.

SBY mengakui menekuni hobi melukis hingga saat ini dengan menghasilkan lebih dari 100 lukisan, sejak meninggal dunia istrinya, Ani Yudhoyono, beberapa tahun lalu.

Mulanya, ia hanya berniat mencari kesibukan selain bermusik hingga menulis lagu, setelah ditinggal istrinya tersebut.

"Setiap berkunjung ke daerah, saya sempatkan melukis di pinggir pantai ataupun di tepi sungai. Ada enam atau tujuh lukisan outdoor (luar ruang) semacam ini yang pernah saya buat," katanya.

SBY melukis pemandangan Gunung Ciremai di atas kanvas berukuran kira-kira 40×60 cm. Karya tersebut, tampak didominasi warna biru. Kemegahan Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat itu, terlihat jelas di balik sekumpulan awan, khas pemandangan pagi di Cirebon.

Selain itu, terdapat warna-warni lampu perkotaan yang menghiasi bagian bawah lukisan pemandangan Gunung Ciremai dengan goresan tampak halus tersebut.