Pemkot Palembang gelar operasi beras murah

id Beras Murah,Palembang,Bulog

Pemkot Palembang gelar operasi beras murah

Operasi pasar beras murah di Kantor Camat Sako, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (12/12/2022). ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menggelar operasi pasar beras murah secara bergilir di 18 kecamatan hingga akhir 2022, kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Raimon Lauri.

"Dalam operasi pasar beras murah ini disiapkan sebanyak 20 ton beras per hari," katanya saat dikonfirmasi di Palembang, Senin.

Beras tersebut merupakan beras berkualitas premium pasokan dari Perum Bulog Sumatera Selatan, yang dijual Rp5 ribu per kilogram atau lebih murah ketimbang harga normal yang Rp9.450 per kilogramnya.

"Hari ini dimulai di Kantor Camat Sako, besok di Kantor Camat Ilir Barat II, begitu seterusnya secara bergilir hingga 18 kecamatan sampai akhir Desember 2022," kata dia.

Menurutnya, operasi pasar beras murah itu digelar dalam rangka menjamin masyarakat mendapat pasokan beras yang cukup dan harga terjangkau menjelang Natal dan Tahun Baru.

Khususnya, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah untuk mencukupi kebutuhan beras sehari-hari.

Berdasarkan data menjelang periode Natal dan Tahun Baru ini ada peningkatan permintaan masyarakat terhadap beras antara 8-15 persen.

Dia menyebutkan dalam operasi pasar beras murah tersebut setiap warga dipatok membeli paling banyak 10 kilogram dengan harga per kilogramnya Rp5 ribu.

"Syaratnya melampirkan kartu keluarga kepada petugas yang melibatkan kepolisian dan kecamatan. Kami berharap pasar murah ini bisa dimanfaatkan masyarakat secara tertib dan proporsional," kata dia.

Ia menambahkan Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat juga akan menggelar operasi pasar murah untuk komoditas lainnya seperti gula, gandum, minyak goreng, dan telur yang saat ini sedang dalam pembahasan dengan distributor.