600 peserta calon anggota PPK OKU Sumsel ikuti ujian sistem CAT

id Ujian CAT, calon PPK, badan Adhoc, Pemilu 2024, KPU OKU

600 peserta calon anggota PPK OKU Sumsel ikuti ujian sistem CAT

Para peserta calon anggota PPK melaksanakan ujian CAT yang digelar KPU Kabupaten OKU, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 600 orang calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan yang dinyatakan lulus seleksi administrasi mengikuti ujian menggunakan sistem Computers Asisted Test (CAT).

'Tahapan ujian seleksi menggunakan sistem CAT itu diikuti sebanyak 600 orang peserta calon anggota PPK yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Dalam ujian dibagi menjadi tujuh sesi selama dua hari pelaksanaan (6-7 Desember 2022)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Naning Wijaya di Baturaja, Selasa.

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan ujian tersebut mewajibkan seluruh peserta menjawab semua pertanyaan dengan batas waktu selama 90 menit. Setiap sesi diikuti 90 orang peserta dengan batas waktu menjawab soal pertanyaan selama 90 menit. Kecuali sesi terakhir yang dilaksanakan Rabu (7/12) besok itu hanya 60 peserta.

Untuk memastikan ujian berjalan lancar, ia mengakui pihaknya telah menyurati PLN setempat agar kawasan tempat dilaksanakannya test CAT tidak ada pemadaman listrik.

Namun, meskipun telah bersurat ke PLN pihaknya tetap menyiapkan mesin genset untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik akibat faktor cuaca seperti hujan lebat dan bencana alam.

"Untuk jaringan internet kami meminta bantuan pihak ketiga. Jadi secara teknis tidak ada kendala, namun kami tetap berharap ujian CAT tetap berjalan lancar hingga hari terakhir pelaksanaan," ujarnya.

KPU OKU) menyiapkan sebanyak 90 unit perangkat komputer untuk pelaksanaan ujian calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di daerah itu.

"Ada 90 unit perangkat komputer yang kami siapkan untuk ujian CAT calon PPK yang digelar hari ini di salah satu ruangan SMK Negeri 3 OKU," kata Naning.

Puluhan perangkat komputer ini sebelumnya telah dilakukan uji coba oleh pihak panitia untuk memastikan tidak ada kendala saat digunakan oleh peserta dalam melaksanakan tahapan ujian.

"Hingga saat ini belum ada kendala yang dialami peserta. Pelaksanaan ujian berjalan lancar," katanya.