Balai Bahasa Sumsel meluncurkan kamus Palembang-Indonesia versi digital

id kamus bahasa palembang-indonesia digital,balai bahasa luncurkan kamus palembang-indonesia versi digital ,bahasa palemban

Balai Bahasa Sumsel meluncurkan kamus Palembang-Indonesia versi digital

Kepala Balai Bahas Sumsel Umar Solikhan menyerahkan Kamus Palembang-Indonesia versi cetak kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Palembang Yanurpan Yani di Palembang, Rabu (30/11/2022). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meluncurkan kamus bahasa Palembang-Indonesia versi digital atau daring untuk memberikan informasi dan memfasilitasi masyarakat yang ingin mengembangkan kosakata bahasa Palembang.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel Umar Solikhan di Palembang, Rabu, mengatakan pada kamus ini ada sebanyak 8.793 lema dan sublema yang tercatat. Kamus ini juga mempermudah masyarakat yang ingin mengembangkan kosakata bahasa Palembang.

"Kamus bahasa Palembang-Indonesia ini juga untuk mempermudah masyarakat yang ingin memahami kosakata bahasa Palembang," kata Umar.

Selain itu, katanya, peluncuran kamus ini juga sebagai upaya perlindungan dan pelestarian bahasa asli Kota Palembang sehingga tidak punah seiring perkembangan zaman.

Pembuatan Kamus bahasa Palembang-Indonesia digital ini melibatkan pegawai Balai Bahasa Sumsel yang prosesnya melalui lokakarya dengan mengundang para budayawan, akademisi, dan ahli bahasa melayu Palembang dan melakukan beberapa pengujian pada kamus tersebut sebelum diluncurkan.

Menurut dia, kamus ini juga dapat membantu wisatawan yang berkunjung untuk memahami bahasa Palembang. Bagi masyarakat setempat khususnya generasi muda dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan kosakata Palembang.

"Tidak semua anak muda di Palembang memahami makna sesungguhnya dari bahasa Palembang sehingga dapat menggunakan kosakata yang tepat dalam kalimat-kalimat," ucapnya.

Untuk penggunaan kamus Palembang-Indonesia digital dapat diakses melalui https://kamus-palembang.loko.co.id/ dengan memasukkan kosakata Palembang yang ingin diterjemahkan, dan nantinya akan keluar arti kosakata dan maknanya dalam bahasa Indonesia.

Pihaknya juga akan terus mengembangkan kamus bahasa Palembang-Indonesia digital ini dengan memperbanyak lema dan sublema.

Sebelumnya Balai Bahasa Sumsel juga meluncurkan Kamus Bahasa Komering-Indonesia versi cetak, dan selanjutnya dalam bentuk digital pada tahun 2023.

Balai Bahasa Sumsel mencatat ada sebanyak enam bahasa asli yang ada di daerah ini, masing-masing bahasa Komering, Kayu Agung, Lematang, Melayu Ogan dan Bahasa Pedamaran.

Saat ini sudah tiga kamus bahasa asli daerah Sumsel yang telah dibuat versi cetak seperti kamus bahasa Palembang, bahasa Muara Enim, dan bahasa Komering, sementara sisanya masih dalam tahapan pengembangan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Balai Bahasa Sumsel luncurkan kamus Palembang-Indonesia versi digital