Wagub Sumsel minta bupati dan wali kota optimalkan pendataan masyarakat miskin

id Wagub Sumsel, optimalkan pendataan, pendataan masyarakat miskin, masyarakat miskin, angka kemiskinan, penduduk miskin, b

Wagub Sumsel minta bupati dan wali kota optimalkan pendataan masyarakat miskin

Wagub Sumsel Mawardi Yahya. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya meminta bupati dan wali kota di provinsi setempat membentuk tim untuk mengoptimalkan pendataan masyarakat miskin.

"Pendataan perlu dioptimalkan untuk mendapatkan angka penduduk miskin terbaru demi ketepatan sasaran jika ada program bantuan dari pemerintah seperti penyaluran bansos," ujar Mawardi Yahya, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, data penduduk miskin yang tersaji saat ini diperkirakan tidak sesuai lagi atau tidak menggambarkan kondisi sekarang ini.

Dengan adanya tim optimalisasi pendataan penduduk miskin di 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat, diharapkan diperoleh data yang akurat, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya sangat membutuhkan data akurat terbaru karena memiliki perhatian terhadap penurunan angka kemiskinan.

Angka kemiskinan di provinsi ini masih di atas 10 persen, untuk menekan angka tersebut menjadi satu digit, berbagai program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus digalakkan.

Dengan dukungan seluruh pemerintah kabupaten dan kota dan adanya partisipasi masyarakat, diharapkan program pengentasan kemiskinan bisa berjalan sesuai harapan bersama, ujar Wagub Nawardi.