Pemkot Palembang ajak warga bangun kampung kreatif

id Pemkot Palembang, ajak warga bamgun kampung kreatif, kampung kreatif, pariwisata, dukung pariwisata, ekonomi kreatif, pa

Pemkot Palembang ajak warga bangun kampung kreatif

Suasana kafe di permukiman Kota Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, mengajak warga di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu membangun kampung kreatif untuk mendukung pariwisata.

"Warga kota di suatu kawasan permukiman didorong kreatif memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya, sehingga bisa menjadi objek ekonomi dan wisata baru yang menarik," kata Sekda Palembang Ratu Dewa, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pada setiap kesempatan turun ke kawasan permukiman penduduk, pihaknya terus mengajak warga Palembang agar terus menggali potensi yang ada di masing-masing pemukiman/kampung.

Potensi alam, seni, budaya, kuliner dan kerajinan khas daerah di suatu perkampungan didorong untuk terus ditelusuri (eksplore) dan dikembangkan agar bisa mendukung mewujudkan sebuah objek wisata baru dan ekonomi kreatif.

Untuk mendorong warga menelusuri potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar permukiman-nya, petugas Dinas Pariwisata Palembang siap memberikan pendampingan dan pembinaan.

Dengan pendampingan dan pembinaan dari petugas Pariwisata, warga kota yang tersebar di permukiman dalam wilayah 107 kelurahan dan 18 kecamatan diharapkan bisa berinovasi dalam memanfaatkan potensi ekonomi kreatif serta mengkreasikan setiap pemukiman menjadi semenarik mungkin agar bisa menjadi objek wisata, katanya.

Dia menjelaskan, pengembangan kampung kreatif diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan lokal dan manca negara berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini.

Wisatawan bisa menikmati objek wisata baru di kawasan permukiman/kampung di samping objek yang telah menjadi ikon Palembang seperti Jembatan Ampera dan belanja kerajinan khas daerah kain tenun songket, ujar Sekda Ratu Dewa.