Jerawat utamanya dipicu gaya hidup tak sehat hingga stres

id jerawat,stres,dr. Mishael Octaviany,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Jerawat utamanya dipicu gaya hidup tak sehat hingga stres

Ilustrasi kulit berjerawat (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Masalah jerawat utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat, pola diet tidak seimbang, produksi minyak berlebih pada kulit, dan stres, menurut dr. Mishael Octaviany.

Mishael mengatakan, masyarakat Indonesia rentan mengalami masalah jerawat karena kondisi iklim tropis yang membuat produksi keringat jadi lebih tinggi.

"Jerawat juga mudah muncul pada mereka yang bertempat tinggal di kota besar yang tinggi tingkat polusinya,” kata dia yang menjabat sebagai Head Doctor Clinic de Votre Peau Gading Serpong melalui siaran persnya, Jumat.

Baca juga: Dokter: Jerawat bisa pengaruhi kualitas hidup penderita

Menurut dia, jerawat umumnya banyak terjadi di usia remaja atau 13 tahun ke atas karena ketidakstabilan hormon, yang biasanya mereda ketika menginjak usia 25 tahun.

Namun, sekarang banyak pasien berusia dewasa yang mengeluhkan masalah jerawat, termasuk body acne yang umumnya muncul di bagian punggung dan dada.

Baca juga: Panduan merawat wajah berjerawat

"Hal ini biasanya diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat, seperti kurang tidur, pola makan tinggi lemak dan gula, dan juga penggunaan masker kala pandemi,” kata Mischael.

Dermatologist Clinic de Votre Peau dr. Ricky Fernando Maharis Sp.KK mengatakan, permasalahan jerawat masih menjadi salah satu masalah kulit utama di Indonesia. Menurut dia, dari ribuan pasien Clinic de Votre Peau, lebih dari setengahnya datang untuk mendapatkan solusi bagi masalah jerawat mereka.

Baca juga: Jerawat bisa muncul saat berpuasa Ramadhan, apa sebabnya?

Data dari Universitas Airlangga pada tahun 2022, menyebutkan masalah jerawat dialami oleh 9,4 persen populasi di dunia, dengan prevalensi tertinggi pada usia remaja.

Jerawat dapat dialami semua usia, antara usia 1-12 bulan, usia remaja, hingga dewasa. Angka kejadian pada usia remaja lebih tinggi pada laki-laki, akan tetapi pada usia dewasa lebih banyak dialami perempuan.

Tingkat prevalensi jerawat adalah 64 persen pada usia 20-an, 43 persen di usia 30-an dan 1-7 persen di usia 50 tahun ke atas.