Masjid Agung Palembang bagikan daging kurban kepada masyarakat melalui RT

id Kurban masjid agung palembang,kurban hari raya Idul Adha 1443/2022 Masehi,sapi presiden,Palembang,Sumatera Selatan,kurban,hewan kurban,daging kurban,m

Masjid Agung Palembang bagikan daging kurban kepada masyarakat melalui RT

Sapi kurban di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Joyo Wikramo Palembang, Sumatera Selatan. ANTARA/M Riezko Bima Elko

Sumatera Selatan (ANTARA) - Yayasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) I Joyo Wikramo Palembang, Sumatera Selatan membagikan daging hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi kepada masyarakat secara langsung melalui ketua RT setempat.

Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha Masjid Agung SMB I Azhari di Palembang, Sabtu mengatakan, skema pembagian daging kurban seperti itu diterapkan berdasarkan rekomendasi dari pemerintah kota untuk menciptakan ketertiban.

“Jadi kami tidak lagi memberikan kupon untuk mengambil daging kurban, tapi nanti langsung membagikan daging itu ke masyarakat yang dikoordinir ketua RT wilayah masing-masing,” kata dia.

Masjid Agung memprioritaskan masyarakat di sekitar kawasan masjid meliputi Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil sebagai penerima daging kurban tersebut.

Adapun pemotongan hewan kurban di salah satu masjid tertua di Palembang itu dilakukan oleh panitia yang telah terbentuk, pada Minggu (10/7) seusai Shalat Idul Adha.

Baca juga: Kurban, drama "herois" berkadar spiritualitas

Dalam pemotongan hewan kurban tersebut, ia memastikan, Yayasan Masjid Agung juga bekerjasama dengan tenaga medis Dinas Peternakan atau laboratorium veteriner untuk memastikan daging yang akan dibagikan aman dikonsumsi masyarakat.

“Rencananya nanti ada sapi dari Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Gubernur Sumsel dan Wali Kota Palembang yang dikurbankan di sini. Sementara sudah ada tiga ekor sapi dan lima ekor kambing yang kami terima,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Ruzuan Effendi mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan ke setiap kandang pembesaran hewan ternak yang ada didaerah ini.

Dari pengecekan tersebut tim yang dikerahkan Dinas Peternakan Provinsi/ Kabupaten dan kota memastikan setiap hewan kurban meliputi sapi, kambing ataupun kerbau yang ada di daerah ini sehat sekaligus aman untuk dikonsumsi.

"Tentunya semua sudah dipersiapkan, dijaga kesehatannya, melalui pemberian vitamin, obat-obatan, penyemprotan desinfektan secara berkala di kandang-kandang ternak," tandasnya.
Baca juga: Mengawal kesehatan hewan kurban
Baca juga: Ribuan sapi kurban di Palembang diberikan surat keterangan sehat