Timnas futsal berpotensi duduki delapan besar Piala Asia

id timnas futsal indonesia ,piala asia futsal ,evan soumilena

Timnas futsal berpotensi duduki delapan besar Piala Asia

Pivot tim nasional futsal Indonesia Holypaul Septinus “Evan” Soumilena memberikan keterangan soal perkembangan skuadnya di Jakarta, Selasa (24/5/2022). Evan optimistis timnas futsal Indonesia dapat bersaing di Piala Asia Futsal AFC 2022, Kuwait. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pivot tim nasional futsal Indonesia Holypaul Septinus "Evan" Soumilena meyakini ia dan rekan-rekannya memiliki potensi untuk menduduki peringkat delapan besar Piala Asia Futsal AFC 2022 di Kuwait.

"Indonesia mungkin bisa berada di posisi delapan besar atau bahkan lima," ujar Evan kepada pewarta di Jakarta, Selasa.

Pemain berusia berusia 25 tahun itu menilai skuad timnas futsal Indonesia mempunyai kualitas untuk bersaing di Asia.

Hal tersebut tak lepas dari datangnya pelatih asing seperti Kensuke Takahashi (Jepang) yang menangani timnas futsal Indonesia pada tahun 2018-2021 dilanjutkan Mohammad Hashemzadeh (Iran) yang kini masih bertugas.

"Kami banyak belajar dari pelatih Ken, Hashemzadeh. Jadi sepertinya kami bisa bersaing secara permainan," kata Evan.

Salah satu indikator perkembangan tersebut adalah Indonesia mampu menahan imbang Thailand, kekuatan utama futsal Asia Tenggara dan salah satu yang terbaik di Asia, pada tiga laga secara beruntun dalam waktu normal pada tahun 2022.

Satu-satunya kekalahan timnas futsal Indonesia dari Thailand pada tahun 2022 terjadi di final Piala AFF, ketika laga mesti dilanjutkan ke babak adu penalti.

"Kami mampu mengimbangi Thailand tiga laga berturut-turut. Itu menjadi PR bagi mereka dan motivasi bagi timnas futsal Indonesia," tutur Evan.

Andai bertemu lagi dengan Thailand di Piala Asia 2022, Evan menyebut bahwa itu akan menjadi kesempatan untuk menundukkan skuad Gajah Perang.

"Kalau berjumpa lagi dengan Thailand, itu artinya kami diberikan kesempatan untuk mengalahkan mereka," ujar anggota Polri berpangkat Briptu tersebut.

Piala Asia Futsal AFC 2022 digelar pada 25 September-20 Oktober 2022 di Kuwait. Turnamen itu diikuti 16 negara.

Berdasarkan keterangan resmi AFC yang diterima di Jakarta, Selasa, Indonesia berada di Pot 4 pengundian grup Piala Asia Futsal AFC 2022 bersama Arab Saudi, Turkmenistan dan Oman.

Pengundian itu sendiri akan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (26/5), pukul 16.00 WIB.

Termasuk edisi tahun 2022, Indonesia sudah 10 kali tampil di putaran final Piala Asia Futsal AFC. Indonesia berkompetisi di Piala Asia tahun 2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2008, 2010, 2012, 2014 dan, kini, 2022.

Namun, sepanjang perjalanan di Piala Asia, Indonesia tidak pernah lolos dari fase penyisihan grup.