Dinkes OKU terima 3.146 dosis vaksin penguat

id Distribusi vaksin, vaksin penguat, dosis ketiga, syarat, COVID-19, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes OKU terima 3.146 dosis vaksin penguat

Seorang warga Kabupaten OKU divaksinasi COVID-19. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan kembali menerima sebanyak 3.146 dosis vaksin COVID-19 penguat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Sebanyak 3.146 dosis tambahan vaksin penguat didistribusikan ke Kabupaten OKU beberapa hari lalu," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan ribuan dosis vaksin penguat atau booster ini disuplai dari Kota Palembang untuk mengejar target cakupan vaksinasi dosis ketiga bagi warga Kabupaten OKU.

Untuk itu, Andi mengatakan setelah diterima pihaknya langsung mendistribusikan vaksin ke seluruh puskesmas dan tiga rumah sakit yang menjadi tempat pelayanan vaksinasi di daerah itu.

Berdasarkan data hingga saat ini cakupan vaksinasi penguat di Kabupaten OKU masih tergolong rendah yaitu baru tercapai sekitar 9 persen atau sebanyak 24.286 jiwa yang sudah divaksinasi dosis ketiga dari 250 ribu target sasaran.

Menurut dia, rendahnya cakupan vaksinasi tersebut disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat untuk divaksinasi penguat masih sangat rendah karena beranggapan dosis kedua sudah cukup untuk menangkal penyebaran COVID-19.

Hanya saja, sejak adanya aturan mudik Lebaran yang mewajibkan warga minimal divaksinasi dosis ketiga, masyarakat mulai berbondong-bondong ke tempat pelayanan vaksinasi.

"Setelah Lebaran, kami kembali mengoptimalkan upaya jemput bola hingga ke desa-desa untuk mengejar target capaian vaksinasi penguat agar Kabupaten OKU benar-benar bebas dari penyebaran COVID-19," ujarnya.*