207.647 warga OKU sudah divaksin lengkap

id Cakupan vaksinasi, program vaksinasi, vaksin lengkap, vaksin penguat, jemput bola, Dinas Kesehatan OKU

207.647 warga OKU sudah divaksin lengkap

Seorang warga Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 207.647 jiwa warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sudah mendapat vaksin COVID-19 lengkap hingga dosis kedua atau mencapai 76,92 persen dari target sasaran.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Rabu, menerangkan, cakupan program vaksinasi di daerah itu hingga saat ini sudah mencapai 93,49 persen untuk dosis pertama dan 76,92 persen tahap kedua dari 269.955 target sasaran.

Menurut Andi, capaian program vaksinasi tersebut telah melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu sebesar 70 persen untuk setiap daerah, termasuk di Kabupaten OKU.

Menurutnya, pencapaian tersebut berkat kerja keras seluruh pihak terkait seperti Polres OKU, Kodim 0403 hingga BIN Daerah Sumsel yang turut menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten OKU.

Bahkan, instansi terkait tersebut bekerja keras mengajak warga untuk divaksin dengan jemput bola hingga ke desa-desa agar mencapai target sasaran yang ditetapkan pemerintah.

Hanya saja, Andi mengakui untuk cakupan vaksin penguat atau dosis ketiga di daerah itu masih tergolong rendah yaitu baru tercapai 9 persen atau sebanyak 24.286 jiwa yang sudah divaksin booster dari target sasaran.

"Angka ini terbilang meningkat selama Ramadhan lalu atau sejak pemerintah menjadikan vaksin penguat sebagai syarat bagi pelaku perjalanan mudik Lebaran tahun ini," ujarnya.

Pemerintah daerah juga terus menggenjot vaksinasi penguat melalui upaya jemput bola hingga ke desa-desa agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin COVID-19 guna menangkal penyebaran virus Corona.

"Minimal harus tercapai 70 persen seluruh warga OKU divaksin penguat hingga akhir tahun nanti," ujarnya.