Ribuan umat Buddha rayakan Waisak di Wihara Dharmakirti Palembang

id waisak palembang,Waisak 2566 BE

Ribuan umat Buddha rayakan Waisak di Wihara  Dharmakirti Palembang

Perayaan Waisak 2566 BE/ 2022 Masehi di Wihara Dharmakirti Palembang, Sumatera Selatan, Senin (16/5/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Palembang (ANTARA) - Ribuan umat Buddha merayakan hari suci Waisak 2566 BE/2022 Masehi di Wihara Dharmakirti Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Pembina Wihara Dharmakirti Darwis di lokasi mengatakan, Waisak tahun ini mereka mengusung tema “dalam cinta kasih semua bersaudara”.

Tema itu dipilih mengisyaratkan kebangkitan pascadua tahun pandemi COVID-19 yang sungguh berdampak buruk pada kehidupan sosial-ekonomi masyarakat.

“Sesuai dengan kapasitas maksimal Wihara yang pengurus sediakan sekitar seribu umat melangsungkan peribadatan puja Bakti Waisak, Detik Sidhi dan Upacara Wisudhi tahun ini secara khidmat,” kata dia.

Menurut Darwis, perayaan Waisak tahun ini masih digelar secara sederhana hanya mengutamakan rangkaian ibadah inti saja meskipun kondisi penyebaran COVID-19 Palembang sudah lebih landai.

Sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Kota semua prosesi peribadatan tetap berlangsung dengan kepatuhan protokol kesehatan.

Mereka yang melaksanakan peribadatan tersebut diwajibkan untuk selalu mengenakan masker dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Ada petugas yang melaksanakan skrining di pintu masuk diawasi oleh panitia, satuan pengamanan didampingi aparat kepolisian setempat,” imbuhnya.

Secara khusus, kata dia, umat Buddha berdoa pada perayaan hari suci Waisak 2566 BE ini pandemi COVID-19 bisa hilang dari bumi sehingga kondisi sosial-ekonomi bisa pulih kembali.