Nelayan di Bangka kembali melaut setelah Lebaran

id Nelayan sungailiat,PPN Bangka,Sub koordinator pelabuhan perikanan Purwanti

Nelayan di Bangka kembali  melaut setelah Lebaran

Persiapan nelayan hendak melaut setelah lebaran Idul Fitri (ANTARA/Kasmono)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Nelayan di Sungailiat Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sudah kembali melaut setelah tidak beraktivitas selama beberapa hari pada masa libur Lebaran.

"Hari ini sudah ada sejumlah nelayan yang kembali melaut mencari ikan dengan berbagai jenis alat tangkap," kata Sub-Koordinator Operasional Pelabuhan, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Purwanti, di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan nelayan yang melakukan pembongkaran hasil tangkapan ikan di pelabuhan perikanan sebelumnya sempat tidak beraktivitas melaut karena menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

"Satu hari sebelum lebaran nelayan sudah tidak melaut dan hari ini kembali beraktivitas melakukan penangkapan ikan, meskipun masih terdapat nelayan lain yang belum melaut karena masih mempersiapkan logistik," jelasnya.

Tercatat ratusan kapal nelayan dengan berbagai jenis alat tangkap dan kapasitas kapal yang melakukan pembongkaran ikan hasil tangkapan di pelabuhan perikanan.

"Nelayan menjual ikan disesuaikan dengan jenis dan kualitas ikan, untuk jenis ikan kualitas ekspor akan dijual langsung ke perusahaan pengumpul sedangkan ikan kualitas lokal dijual ke pedagang di pasar tradisional atau ke pelelangan ikan," katanya.

Sementara salah satu nelayan Sungailiat, Laode mengatakan dirinya bersama dengan tiga orang rekannya sengaja turun melaut karena semua logistik atau ransum melaut sudah lengkap.

"Dari kemarin Rabu (4/5) semua kebutuhan selama di laut selama kurang lebih satu minggu sudah kami siapkan seperti es, air bersih, serta kebutuhan pokok," katanya.

Dia mengatakan dua hari sebelum Idul Fitri sudah tidak melaut dan kembali beraktivitas mencari ikan pada H+5 Lebaran.