Kota Palembang optimalkan pelayanan kependudukan

id kependudukan, pelayanan kependudukan, pemkot palembang, pencatatan sipil, dukcapil, pencetakan dan perekaman data KTP-e

Kota Palembang optimalkan pelayanan kependudukan

Sekda Palembang Ratu Dewa. ANTARA/Yudi Abdullah/22

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengoptimalkan pelayanan kependudukan dengan memanfaatkan sembilan UPTD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menjangkau 18 kecamatan.

"Petugas UPTD Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di kecamatan pada 2022 ini didorong bekerja lebih baik untuk membenahi data dan pelayanan kependudukan sekitar 1,8 juta jiwa," kata Sekda Palembang Ratu Dewa, di Palembang, Kamis.

Untuk memotivasi petugas UPTD memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Bumi Sriwijaya ini, dirinya rutin mengunjungi UPTD Disdukcapil.

Berdasarkan hasil kunjungan ke sejumlah UPTD dalam beberapa bulan terakhir, kegiatan pendataan dan pelayanan kependudukan berjalan cukup baik, meskipun demikian perlu didorong peningkatan kualitas pelayanan publik di UPTD itu, katanya.

Dia menjelaskan, mengenai pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil terutama pencetakan dan perekaman data KTP-el di Kota Palembang secara umum berjalan dengan baik.

Berdasarkan data, sebagian besar warga kota ini sudah melakukan perekaman data KTP-el, dan diharapkan bagi yang belum melakukan perekaman data diminta untuk segera menghubungi petugas di UPTD Disdukcapil zona terdekat dengan lokasi tempat tinggal.

Pelayanan kependudukan dan pelayanan publik lainnya akan terus ditingkatkan, untuk itu pihaknya berupaya melakukan evaluasi organisasi perangkat daerah (OPD) yang melakukan pelayanan kepada warga kota ini, ujar Sekda.