Bukit Asam target 'zero fatality' dalam operasionalkan perusahaan

id Bukit Asam,bumn,ptba

Bukit Asam target 'zero fatality' dalam operasionalkan perusahaan

Tim Emergency Respon Grup Bukit Asam (ERG) meliputi Tim Rescue dari PT SBS dan PT Pama yang dikomandoi Tim Rescue Bukit Asam juga menggelar demo upaya penyelamatan kecelakaan di Tanjung Enim, Sumsel, Rabu (12/1/22). (ANTARA/HO-PTBA)

Palembang (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara pertambangan batu bara menargetkan tidak ada insiden kecelakaan dalam semua kegiatan operasional perusahaan atau “zero fatality”.

Direktur Utama PT Bukit Asam Arsal Ismail dalam peringatan Bulan K3, Rabu (12/1/22), mengatakan target itu harus menjadi proritas seluruh pegawai perusahaan.

“Bulan K3 ini harus menjadi perhatian semua pihak, baik itu keluarga besar Bukit Asam maupun mitra-mitra kerjanya agar target zeto fatality dapat tercapai,” kata dia.

PT Bukit Asam Tbk menggelar upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Halaman Kantor Besar Bukit Asam Tanjung Enim, Rabu (12/1/2021) pukul 07.00 WIB.

Di hadapan keluarga besar Bukit Asam dan mitra-mitra kerja dari subkontraktor, Arsal Ismail yang bertindak sebagai pemimpin upacara menyampaikan amanat Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah dalam Bulan K3 Nasional tahun 2022.

Tahun ini diusung tema 'Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi'.

Usai pelaksanaan upacara, Arsal menegaskan semua pegawai harus meningkatkan penerapan budaya K3 di lingkungan kerja masing-masing.

Hal ini juga berlaku kepada seluruh mitra kerja perusahaan. 

Maka dari itu, peringatan Bulan K3 ini harus diinformasikan kepada seluruh rekan-rekan kerja yang ada di lapangan, kata dia.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Tim Emergency Respon Grup Bukit Asam (ERG) meliputi Tim Rescue dari PT SBS dan PT Pama yang dikomandoi Tim Rescue Bukit Asam juga menggelar demo upaya penyelamatan kecelakaan di jalan raya. 

Pada simulasi ini digambarkan telah terjadi kecelakaan pada satu unit mobil berpenumpang yang terjatuh di jurang setinggi kurang lebih 20 meter untuk dilakukan penyelamatan pada korban.

Memperingati Bulan K3, Bukit Asam akan menggelar sejumlah rangkaian acara yang dimulai dari tanggal 12 Januari hingga 18 Februari 2022 seperti Upacara Peringatan Bulan K3, Aksi Donor Darah, Webinar, Cepat Tepat Virtual.

Kemudian kegiatan Bulan Peduli, Bersih Sungai, Lomba PMR dan Patroli Keamanan Sekolah, Bukit Asam Virtual Run Fest, Safety Talk Virtual, Semarak Bulan K3, dan Penilaian Golden Rules.