Dinkes Palembang datangi rumah lansia vaksinasi COVID-19

id 3 juta jiwa atau sekitar 70 persen lebih dari jumlah pe,berita sumsel, berita palembang, antara palembang,Dinas Kesehatan Palembang,dr Fenty Aprina

Dinkes Palembang datangi rumah lansia  vaksinasi COVID-19

Pelayanan vaksinasi di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Tim Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya mendatangi rumah-rumah orang tua lanjut usia (lansia) untuk melakukan pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Capaian vaksinasi kelompok lansia masih tergolong rendah, untuk melakukan percepatan hingga sesuai target minimal 70 persen pada akhir tahun ini dilakukan pelayanan dari rumah ke rumah (door to door)," kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr Fenty Aprina di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, hingga pertengahan Desember 2021 ini, capaian vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lansia dosis pertama sekitar 52 persen atau 65.565 orang. Sedangkan realisasi pelayanan vaksinasi untuk lansia dosis kedua sekitar 42 persen atau 53.078 orang.

Rendahnya capaian vaksinasi lansia di Ibu kota Provinsi Sumsel itu salah satu penyebabnya adalah  terbatasnya kemampuan fisik untuk mengunjungi fasilitas kesehatan dan tempat yang menyelenggarakan pelayanan vaksinasi massal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya menurunkan tim untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 ke rumah lansia.

Melalui pelayanan secara 'door to door' itu diharapkan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lansia tercapai sesuai target dan kekebalan komunal (herd immunity) bisa terwujud pada akhir 2021 ini.

Sementara itu capaian vaksinasi COVID-19 secara umum Kota Palembang paling tinggi dibandingkan dengan 16 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel lainnya.

"Capaian vaksinasi COVID-19 di kota ini sekitar 6,3 juta jiwa atau 70 persen lebih dari jumlah penduduk, capaian vaksinasi tersebut tertinggi di Sumsel," ujar dr Fenty.