Desa di OKU dirikan perusahaan air minum

id Pemerintah Desa Tanjung Baru, Kabupaten OKU, air bersih, perusahaan air minum

Desa di OKU dirikan perusahaan air minum

Ilustrasi - Sarana air bersih. ANTARA/HO-Dok.pribadi

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendirikan perusahaan air minum sendiri yang diperuntukkan bagi warga di desa itu.

“Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun ini kami menggalakkan program pembangunan Persediaan Air Bersih Desa (PABDes) guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Tanjung Baru,” ungkap Kades Tanjung Baru, Ogan Komering Ulu (OKU), Amin Rahman di Baturaja, Jumat.

Mengingat program ini baru berjalan tahun ini, kata dia, untuk target awal pemasangan sambungan pelanggan sudah dibuat sebanyak 20 kran penyaluran.

“Dari target itu sebanyak 10 sambungan pelanggan sudah tersalurkan air bersih,” katanya.

Dia menjelaskan, sambungan baru tersebut dibebankan biaya pemasangan sebesar Rp200.000 untuk setiap pelanggan.

"Untuk iuran per bulan pelanggan dibebankan biaya pulsa sebesar Rp50.000," jelasnya.

Menurutnya, program ini digulirkan karena masih banyak masyarakat di desanya yang kesulitan mendapat air bersih.

Oleh sebab itu, melalui musyawarah desa melibatkan BPBD dan tokoh masyarakat, akhirnya diusulkanlah pembangunan PABDes tersebut.

Sementara itu, Medi, warga Desa Tanjung Baru mengaku bersyukur karena program PABDes di desanya sudah berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah kami sebagai warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tanjung Baru yang telah berupaya membangun PABDes ini demi memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga," ujarnya.