Desa Tanjung Baru OKU kini berstatus desa mandiri

id Desa Mandiri, pemerintah pusat, pembangunan desa, indikator penilaian, Desa Tanjung Baru

Desa Tanjung Baru OKU kini berstatus desa mandiri

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menyerahkan penghargaan Desa Mandiri. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada tahun 2024 naik status menjadi Desa Mandiri yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa tahun ini ada enam desa di wilayahnya mendapat status Desa Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, salah satunya Desa Tanjung Baru.

"Penghargaan ini patut diberi apresiasi karena tidak mudah untuk naik status menjadi Desa Mandiri," kata dia.

Pemberian status tersebut sebagai apresiasi terhadap kinerja pembangunan desa dalam mencapai status desa mandiri berdasarkan hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun Tahun 2023.

"Penghargaan ini dapat dicapai berkat dukungan dari seluruh perangkat desa dan masyarakatnya dalam mewujudkan Desa Mandiri," katanya.

Peningkatan status Desa Mandiri setelah memenuhi beberapa kriteria antara lain desa mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar mencakup infrastruktur dan transportasi yang memadai, pelayanan terbaik serta penyelenggaraan pemerintahan desa yang dinilai sangat baik.

"Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75," jelasnya.

Menurut dia,  Desa Tanjung Baru dapat menjadi desa percontohan bagi desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten OKU untuk berbuat yang sama agar naik status menjadi Desa Mandiri guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Kriteria Desa Mandiri yang diberikan kepada Desa Tanjung Baru oleh pemerintah pusat ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten OKU yang sejahtera," ujarnya.