Ahli: Orang tua perlu perhatikan prokes anak saat PTM

id dr Alexandra Clarin Hayes,prokes anak saat PTM,pembelajaran tatap muka,makanan yang cocok,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Ahli: Orang tua perlu perhatikan prokes anak saat PTM

Tangkapan layar Dokter sekaligus influencer dr Alexandra Clarin Hayes dalam program Dear Doctor yang disiarkan dari YouTube FMB9 di Jakarta, Kamis (11/11/2021). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Ahli kesehatan sekaligus "influencer" dr Alexandra Clarin Hayes mengatakan protokol kesehatan bagi anak perlu menjadi perhatian orang tua seiring dibuka kembali pembelajaran tatap muka (PTM) saat pendemi COVID-19.

"Tetap terapkan prokes dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, membatasi mobilitas, hindari kerumunan," kata Alexandra Clarin Hayes dalam program Dear Doctor yang disiarkan dari YouTube FMB9 di Jakarta, Kamis.

Alexandra meminta orang tua untuk menyiapkan masker untuk anak setiap kali mereka berangkat ke sekolah.

"Bahkan kalau bisa ganti tiap empat jam sekali dan juga sediakan hand sanitizer," katanya.

Alexandra mengatakan orang tua perlu meluangkan waktu untuk mengantar anak mereka ke sekolah demi memastikan sang anak tetap berada di lokasi yang aman selama pergi dan berangkat ke sekolah.

"Kalau terpaksa pakai kendaraan umum atau jemputan, jangan lupa untuk jaga jarak dan bawa bekal dari rumah kalau bisa," katanya.

Menurut Alexandra makanan yang cocok bagi anak di sekolah adalah yang bergizi seimbang sebagai bahan energi untuk seluruh metabolisme sel organ serta jaringan tubuh termasuk otak.

"Berilah makanan dengan gizi seimbang dan ini pedomannya sudah ada di Kementerian Kesehatan. Makanannya yang lengkap ada karbohidratnya bisa seperti nasi, roti dan lain sebagainya juga mengandung protein misal dari lauk ikan, ayam, daging, serat dari sayuran, vitamin dari buah-buahan boleh juga ditambahkan dengan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh," katanya.

Alexandra mengatakan penyesuaian jadwal belajar pun perlu dilakukan dalam peralihan dari belajar daring ke pembelajaran tatap muka.

Saat anak pulang ke rumah, kata Alexandra, sebaiknya langsung mandi agar tubuh bersih dan terhindar dari kuman maupun virus.

"Jangan cuma disinfektan aja karena tidak menjamin ke seluruh permukaan kulit. Mandi lebih menjangkau ke bagian-bagian tubuh yang tidak bisa dijangkau dengan disinfektan seperti telinga, punggung, tubuh bagian belakang, dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu penting juga untuk tetap mengontrol suhu tubuh anak menggunakan termometer di rumah untuk memantau kondisi kesehatan.

Program Dear Doctor di produksi di Media Center KPC PEN (Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) sebagai sarana edukasi kepada masyarakat terkait penanganan pandemi COVID-19.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021