Kabupaten OKI targetkan vaksinasi 5.000 orang per hari

id oki,kabupaten oki,vaksin,vaksin covid-19,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Kabupaten OKI targetkan vaksinasi 5.000 orang per hari

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar memantau kegiatan vaksinasi COVID-19. (ANTARA/HO-Pemkab OKI)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menargetkan sebanyak 5.000 orang divaksin COVID-19 setiap hari untuk mengejar target kekebalan kelompok pada akhir tahun 2021.

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Palembang, Rabu, mengatakan, pemkab setempat membuat strategi berupa penambahan tenaga kesehatan, lokasi vaksin yang dibagi per zona hingga jemput bola dengan cara mendatangi rumah warga.

“Yang tidak bisa datang kami jemput dan diantar pulang. Jadi, kami ngebut soal vaksin ini,” kata Iskandar.

Baca juga: Korupsi Masjid Raya Sriwijaya, Penyidik Kejati agendakan ulang pemeriksaan dua saksi karena mangkir

Dinas Kesehatan Kabupaten OKI memetakan empat zona prioritas vaksinasi masal, yakni Zona I di Kecamatan Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur, Lempuing, dan Lempuing Jaya.

Zona II di Kecamatan Pedamaran, Pedamaran Timur, Teluk Gelam, Tanjung Lubuk, dan Kayuagung. Zona III di Kecamatan Sirah Pulau Padang, Jejawi, Pampangan, dan Pangkalanlampam, dan Zona 4 di Kecamatan Cengal, Sungai Menang ,dan Air Sugihan.

Baca juga: Kejati Sumsel kerahkan tim dokter periksa kondisi Akhmad Najib

Sistem zonasi ini diterapkan seperti arahan dari pemerintah pusat agar "keroyokan" dalam kegiatan vaksinasi massal. Saat ini Pemkab OKI bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mempercepat cakupan vaksinasi tersebut.

"Kami membuka layanan di setiap kecamatan pada zona tersebut selama lima hari. Semua terlibat untuk mengajak masyarakat ikut vaksinasi dari OPD, Camat hingga kepala desa," kata Kepala Dinas Kesehatan OKI Iwan Setiawan.

Bahkan, pada kegiatan keroyokan vaksinasi massal pada lima kecamatan di zona I, Senin, (25/10) mencapai 5.991 dosis. Pada hari itu juga, vaksin dilakukan di 36 Fasilitas Kesehatan dengan menyasar 1.276, sehingga total mencapai 7.267 dosis.

Baca juga: KPK konfirmasi barang bukti sitaan saat memeriksa istri Dodi Reza Alex Noerdin, juga penghasilan suami

Iwan mengajak masyarakat untuk tidak ragu divaksin, karena vaksin sudah teruji aman dan baik untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Untuk mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity), Kabupaten OKI menargetkan sebanyak 557 ribu penduduk untuk divaksin.

Per 25 Oktober 2021, distribusi vaksin di OKI mencapai 320.364 dosis, dengan rincian penduduk telah divaksin dosis pertama sebanyak 27,14 persen, dosis II 14,56 persen dan dosis III sebanyak 42,20 persen. Untuk stok vaksin tersedia 78.23 dosis.