Wawako Palembang ajak warga usaha daur ulang sampah

id sampah, daur ulang sampah, atasi tumpukan sampah, pemkot palembang tingkatkan penangan,Pemkot Palembang ajak warga daur

Wawako Palembang ajak warga usaha daur ulang sampah

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Kegiatan usaha mendaur ulang sampah terus didorong untuk menciptakan lingkungan bersih dan memberikan penghasilan tambahan bagi warga
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, mengajak warga di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu mengembangkan kegiatan usaha daur ulang sampah untuk mengatasi sampah yang jumlahnya terus meningkat.

Pengembangan kegiatan usaha mendaur ulang sampah terus didorong untuk menciptakan lingkungan bersih dan memberikan penghasilan tambahan bagi warga, kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk mengembangkan kegiatan mendaur ulang sampah, warga bisa membentuk kelompok di kawasan permukiman penduduk yang tersebar di 107 kelurahan dalam 18 kecamatan.

Kelompok masyarakat yang berminat mengembangkan kegiatan daur ulang sampah, akan dilakukan pembinaan memilah dan mengolah sampah agar bisa menjadi barang bermanfaat, dan memiliki nilai ekonomi, katanya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Palembang ingatkan warga tidak buang sampah ke sungai
Dia menjelaskan, sekarang ini mulai banyak warga yang tertarik melakukan daur ulang sampah menjadi berbagai barang bernilai ekonomi, melihat kondisi tersebut akan terus dibina sehingga mereka bisa bersemangat dan diikuti warga lainnya.

Tempat pengolahan sampah terpadu berkonsep daur ulang (reduce, reuse, recycling/3R) yang ada di sejumlah kelurahan perlu diperbanyak sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir.

"Produksi sampah di Kota Palembang volumenya terus bertambah, sekarang ini setiap harinya bisa mencapai 1.200 ton lebih," ujar Fitrianti.
Baca juga: Wali Kota Palembang dorong setiap kelurahan miliki TPS 3R
Baca juga: Pemkot Palembang proyeksikan TPA Sukawinatan jadi ruang terbuka hijau