Gubernur Sumsel minta peran tokoh agama jaga zero konflik

id gubernur sumsel,sumsel,sumatera selatan,agama,tokoh agama,lintas agama,zero konflik

Gubernur Sumsel minta peran tokoh agama jaga zero konflik

Gubernur Sumsel Herman Deru pada acara ramah tamah bersama para Uskup di Gereja Santo Yoseph Palembang. (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Tugas terbesar kami (pemerintah) adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat baik lahir maupun batin
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta peran aktif  para tokoh agama untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah ini tetap kondusif atau zero konflik.

“Tugas terbesar kami (pemerintah) adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat baik lahir maupun batin. Tugas kesejahteraan lahir sudah dilakukan sejak awal, dan tugas batin merupakan tugas para tokoh agama,” kata kata Herman Deru di Palembang, Senin.

Oleh karena itu, gubernur meminta para tokoh agama untuk memperkuat sinergitas antartokoh lintas agama ini sehingga pembangunan dapat terjaga dan berjalan dengan baik.

Dengan terjaganya pembangunan spiritual, katanya akan sangat berdampak bagi majunya pembangunan di Sumsel karena sama artinya dengan terjaganya zero konflik.

"Ini tugas kita bersama. Jika antaragama ini satu narasi, maka target Sumsel untuk terus zero konflik tentu akan terjaga. Kebersamaan adalah modal besar alam bertindak," kata dia.

Sebagai wujud dukungannya terhadap perkembangan agama, Herman Deru sendiri telah menjamin kebebasan setiap penganut agama dalam beribadah.

 "Kami tidak membatasi para penganut agama terus mengembangkan kepercayaannya asal tidak merendahkan agama lainnya. Hubungan antar agama ini harus terus berlangsung baik, kata dia.
 
Sementara Uskup Agung Palembang Mgr Yohanes Harun Yowono mengatakan, dirinya akan berupaya melanjutkan peran Uskup Agung Palembang terdahulu untuk mengabdi kepada masyarakat.

"Semampunya saya akan mengabdi kepada masyarakat tanpa pamrih, tanpa pilih kasih kepada siapapun khususnya di tiga provinsi yakni Sumsel, Bengkulu dan Jambi. Saya mohon doanya agar ini berjalan dengan baik,"kata dia.

Sedangkan Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Uskup Agung Palembang yang telah purna bakti meminta agar pelayanan kepada masyarakat tetap dikedepankan.

"Pesan saya terus pererat juga jalinan dengan pemerintah dan juga dukung program untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama KH Mal An Abdullah menilai, peran umat katolik dalam pembangunan batin saat ini sudah sangat baik, sebab upaya yang dilakukan sudah mencerminkan pandangan yang sama. Hal ini harus diperkuat. Mudah-mudahan keakraban ini terus berlanjut, kata dia.