Polres OKU fasilitasi vaksinasi ratusan warga

id Vaksinasi massal, dosis kedua, COVID-19, Gedung Kesenian Baturaja, Polres OKU

Polres OKU fasilitasi vaksinasi ratusan warga

Masyarakat Baturaja antusias mengikuti program vaksinasi massal Polres OKU, Minggu. ANTARA/Edo Purmana/21

Baturaja (ANTARA) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memfasilitasi vaksinasi COVID-19 ratusan warga di daerah setempat untuk vaksin dosis lengkap agar terhindar dari penyebaran virus corona.

"Ada  570 orang yang divaksin hari ini," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan, vaksinasi tahap kedua yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Baturaja tersebut diikuti ratusan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Sasaran vaksinasi itu menyasar pada masyarakat usia mulai dari 12 tahun hingga lansia untuk divaksin tahap kedua," jelasnya.

Kapolres menjelaskan, vaksinasi masal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok sehingga dengan disuntik vaksin diharapkan masyarakat dapat terhindar dari penyebaran COVID-19.

Selain di Gedung Kesenian, kata dia, kegiatan vaksinasi dosis kedua ini juga diselenggarakan di beberapa Puskesamas di Kabupaten OKU antara lain Puskesmas Kemalaraja, Tanjung Agung, Tanjung Baru dan Puskesmas Tanjug Lengkayap.

"Petugas yang dikerahkan sebanyak empat tim tenaga vaksinator dari Polres OKU," kata dia.

Bahkan, pihaknya menyebar personel di setiap sudut Gedung Kesenian Baturaja untuk memecah warga agar tidak terjadi penumpukan massa yang antre untuk divaksin.

"Alhamdulillah antusias masyarakat OKU cukup tinggi untuk divaksin. Hingga saat ini capaian vaksiansi yang difasilitasi Polres OKU sudah sekitar 7.000 orang," kata Kapolres.