Ribuan pelajar di Ogan Komering Ulu divaksin COVID-19

id Ribuan pelajar divaksin, pelajar SMP dan SMA di OKU, Dinas Kesehatan, Kodim 0403, PTM di tengah pandemi, COVID-19,Mensos

Ribuan pelajar di Ogan Komering Ulu  divaksin COVID-19

Seorang pelajar di Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Ribuan pelajar SMP dan SMA di Kecamatan Pengandonan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan disuntik vaksin COVID-19 untuk memberikan kekebalan tubuh mereka supaya terhindar dari penularan virus corona baru.

Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah di Baturaja, Rabu, mengatakan vaksinasi pelajar yang digelar bersama Kodim 0403/OKU ini dipusatkan di SMA Negeri 6 Kecamatan Pengandonan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mereka menjalani penyuntikan vaksin untuk tahap pertama.

"Target pelajar yang akan divaksin 1.000 orang sesuai dengan dosis vaksin yang ada," katanya.

Dia menjelaskan "Serbuan Vaksinasi" untuk pelajar tersebut guna mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) sehingga menghilangkan kekhawatiran orang tua untuk melepas anaknya belajar di sekolah di tengah pandemi.

Oleh sebab itu, kata dia, vaksinasi massal ini akan dilanjutkan di seluruh kecamatan di Kabupaten OKU dengan target 80 persen dari total pelajar di wilayah itu mendapat vaksin lengkap hingga akhir Desember 2021.

"Di OKU sendiri sekitar 25 persen pelajar sudah divaksin, baik secara mandiri maupun vaksinasi yang digelar di sekolah," katanya.

Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan menyampaikan vaksinasi masal tersebut bentuk dukungan TNI terkait dengan kebijakan pemerintah melaksanakan PTM di sekolah di tengah pandemi COVID-19.

"Sebagai bentuk dukungan kami menyiagakan 30 orang tenaga kesehatan dari RST dr Noesmir Baturaja sebagai tenaga vaksinator," ujarnya.

Pihaknya juga mengerahkan puluhan personel TNI yang bertugas mengatur warga agar tidak terjadi kerumunan massa di tempat vaksinasi.