Pemkot Palembang percepat vaksinasi pelajar menghadapi PTM

id Pertemuan tatal muka, ptm, ptm di palembang dibatalkan, vaksinasi covid-19,masuk sekolah

Pemkot Palembang percepat vaksinasi  pelajar menghadapi PTM

Wali Kota Palembang, Harnojoyo. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak terutama pelajar SD hingga SMA menghadapi kegiatan belajar mengajar pertemuan tatap muka (PTM).

"Vaksinasi khusus anak atau pelajar itu sudah dimulai sejak 2 Juli 2021 dan diharapkan bisa selesai dalam beberapa bulan ke depan," kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Bumi Sriwijaya ini dengan total target sasaran mencapai 192.667 orang.

Perincian pelayanan vaksinasi itu yakni untuk pelajar SD kelas VI ditargetkan 30.243 orang, pelajar SMP ditargetkan 84.629 orang dan vaksinasi untuk pelajar SMA ditargetkan 77.799 orang, katanya.

Menurut dia, untuk melakukan PTM atau kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di tengah pandemi COVID-19 memerlukan persiapan maksimal.

Selain penerapan protokol kesehatan (prokes) antisipasi penularan COVID-19 secara ketat di sekolah, juga perlu diberikan perlindungan dengan vaksin seluruh pelajar sehingga tercipta kekebalan kelompok (herd immunity).

Tren kasus COVID-19 akhir-akhir ini terus meningkat dan masih banyak pelajar yang belum divaksin, sehingga kegiatan sekolah tatap muka yang rencananya dimulai pada tahun ajaran baru 12 Juli 2021 diputuskan dibatalkan dan akan dibahas kembali jika kondisi aman, ujar Harnojoyo.