Wawako Palembang minta guru edukasi pelajar tentang prokes

id Wawako Palembang, minta guru edukasi pelajar, edukasi, guru, pelajar, ptm, edukasi prokes prokes, sekolah

Wawako Palembang minta guru edukasi pelajar tentang prokes

Seorang guru melakukan edukasi prokes kepada siswa di sekolah (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meminta para guru terus mengedukasi pelajar tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat di sekolah guna mencegah penularan COVID-19.

"Mengantisipasi penularan virus corona pada kegiatan pertemuan tatap muka dalam kondisi terjadi penambahan kasus penularan COVID-19 akhir-akhir ini, perlu penerapan prokes secara ketat di sekolah agar tidak menjadi penyumbang penambahan kasus yang lebih besar," ujar dia di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat.

Dia menjelaskan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak harus diterapkan secara disiplin mulai anak memasuki halaman sekolah hingga ruangan kelas.

Jika ada pelajar yang kurang disiplin dalam menerapkan prokes di sekolah, katanya, teman-temannya diminta untuk saling mengingatkan demi kesehatan bersama.

Begitu pula jika ada guru lupa memakai masker atau kurang disiplin menerapkan prokes lainnya di sekolah, katanya, murid bisa memberitahu dengan cara yang sopan.

"Protokol kesehatan di lingkungan sekolah pada PTM di tengah masih pandemi COVID-19 perlu diterapkan secara disiplin sehingga dapat bersama-sama saling melindungi dari penularan virus corona," ujarnya.

Selain itu, ia berupaya mengaktifkan satgas penanganan COVID-19 untuk menegakkan aturan selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 beberapa pekan ke depan.

Salah satu penyebab lonjakan kasus di tengah ancaman COVID-19 varian Omicron subvarian XBB yang bisa dengan cepat menular, katanya, karena warga tidak disiplin dalam menerapkan prokes.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, katanya, warga perlu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan disiplin dalam menerapkan prokes seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

"Upaya tersebut merupakan tindakan antisipatif yang cukup efektif untuk mencegah penularan COVID-19," kata Fitrianti.