Ronaldo lewati rekor Platini sebagai pencetak gol terbanyak di piala Eropa

id piala eropa,euro 2020,timnas portugal

Ronaldo lewati rekor Platini sebagai pencetak gol terbanyak di piala Eropa

Portugal's forward Cristiano Ronaldo scores his team's third goal past Hungary's goalkeeper Peter Gulacsi (R) during the UEFA EURO 2020 Group F football match between Hungary and Portugal at the Puskas Arena in Budapest on June 15, 2021. (Photo by Laszlo Balogh / various sources / AFP) (AFP/LASZLO BALOGH)

Jakarta (ANTARA) - Striker timnas Portugal Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ketika melawan Hungaria demi mengungguli rekor Michel Platini sebagai pencetak gol terbanyak dalam putaran final Piala Eropa setelah menambah koleksinya menjadi 11 gol di Puskas Area, Budapes, Hungaria, Selasa.

Ronaldo dan Platini memegang rekor sembilan gol sebelum turnamen berlangsung, akan tetapi dua gol larut sayap timnas Portugal terhadap Hungaria menambah rekor golnya.

Ronaldo melewatkan kesempatan emas pada paruh pertama pertandingan ketika menembak dari jarak dekat.

Akan tetapi, ketika ia mendapat peluang kembali dari titik penalti pada menit ke-87, Ronaldo tak membuat kesalahan.

Dia melesakkan bola ke pojok gawang dan melakukan selebrasi khasnya yang memicu keriuhan dari 67.000 penonton yang sebagian besar merupakan pendukung Hungaria.

Masih ada waktu untuk menambah gol kedua ketika injury time pada akhir babak kedua saat Ronaldo menyambut umpan dekat kotak penalti kecil dan melewati sejumlah pemain bertahan tim tuan rumah dan juga kiper Peter Gulacsi untuk mencetak gol.

Pemain berusia 36 tahun itu juga memperpanjang rekor sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol pada lima putaran final Euro yang berbeda, serta yang paling banyak melakoni pertandingan, ketika laga melawan Hungaria itu menjadi pertandingan ke-22 bagi Ronaldo sejak debut pada 2004.