Sumsel jajaki kerja sama bidang iptek dengan Rumania pacu kemajuan daerah

id pemprov sumsel,sumsel,provinsi sumatera selatan,sumatera selatan,rumania,iptek,teknologi,investasi,sawit,karet,batubara

Sumsel jajaki kerja sama bidang iptek dengan Rumania pacu kemajuan daerah

Gubernur Sumsel berbicara dengan perwakilan Delegasi Rumania di Griya Agung, Palembang, Senin (31/5). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjajaki kerja sama bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dengan Rumania.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Senin, saat menerima delegasi Rumania, mengatakan, Sumsel sangat membutuhkan kerja sama di bidang iptek ini untuk memacu kemajuan di daerah.

Sumsel saat ini fokus pada bidang pertanian sehingga membutuhkan iptek terkait tata kelola air dan pemanfaatan hasil pertanian/perkebunan.

“Kami berharap Rumania ada teknologi yang bisa mengubah air payau menjadi air yang siap untuk digunakan baik untuk pertanian maupun konsumsi," ujarnya.

Kemudian, Sumsel juga membutuhkan teknologi untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar penanganan menjadi lebih efisien.

Selain itu, Sumsel juga masih dihadapkan persoalan terkait pengelolaan sumur minyak yang sudah tua oleh masyarakat.

“Kami juga tertarik pada teknologi pengembangbiakan sapi asal Rumania,” kata dia.

Demi terwujudnya kerja sama ini, Pemprov Sumsel berencana mengirimkan tim ke Rumania untuk mengamati secara langsung beragam teknologi yang berkemungkinan dapat diterapkan di Sumsel.

Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova Amhar Azeth mengatakan, teknologi terbaru di bidang pertanian/perkebunan menjadi kebutuhan Sumsel saat ini.

Ini untuk mengoptimalkan SDA yang dimiliki Sumsel meliputi perkebunan karet dan sawit serta penambangan minyak gas (migas) serta batubara.

“Ini yang menarik minat Delegasi Rumania ke Palembang. Beberapa teknologi andalan mereka sudah dipaparkan langsung ke hadapan gubernur,” kata dia.