Pengelola objek wisata OKU diimbau terapkan prokes saat libur Natal

id Pengelola diimbau terapkan Prokes, cegah kluster baru, terapkan 3 M, objek wisata di OKU, Dinas Pariwisata OKU, COVID-19

Pengelola objek wisata  OKU diimbau terapkan prokes saat libur Natal

Objek Wisata Goa Putri. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Pengelola objek wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, diimbau menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada seluruh pengunjung menjelang cuti bersama dan libur Natal 2020 serta Tahun Baru 2021.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU), Imron HS di Baturaja, Selasa, mengatakan menjelang cuti bersama dan libur Natal tahun ini bisa dipastikan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten OKU, khususnya Goa Putri akan meningkat dibandingkan hari biasa.

"Objek wisata di OKU yang diprediksi akan ramai dikunjungi wisatawan saat liburan nanti adalah Goa Putri dan Air Terjun Kambas," katanya.

Untuk mencegah agar tidak ada kluster baru dalam penularan COVID-19, Dinas Pariwisata OKU telah mengintruksikan kepada seluruh pengelola objek wasata di wilayah itu agar menerapkan prokes secara ketat.

Pengunjung yang ingin berlibur ke objek wisata di OKU wajib mematuhi 3 M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Kami juga sudah mengintruksikan seluruh pihak pengelola objek wisata agar menyediakan tempat mencuci tangan serta hand sanitizer untuk pengunjung," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pengelola juga diminta jangan melakukan kegiatan seperti konser musik yang dapat menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah banyak.

"Untuk memberikan rasa aman bagi seluruh wisatawan kami sudah berkordinasi dengan aparat kepolisian setempat. Nantinya akan ada anggota polisi yang berjaga di sejumlah objek wisata andalan OKU khususnya Goa Putri," ujar dia.