ACT Sumsel bantu gedung sekolah di pinggiran Palembang

id act sumsel,aksi cepat tanggap sumsel,MTs Minhajul Islamiyah,pulokerto palembang,Sekolah Tepian Negeri,bangun sekolah,sek

ACT Sumsel bantu gedung  sekolah di pinggiran Palembang

Siswa MTs Minhajul Islamiyah Kelurahan Pulokerto Palembang keluar dari gedung sekolah yang belum layak digunakan untuk aktifitas belajar, Rabu (2/12) (ANTARA/ACT Sumsel/20)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan berencana membantu pembangunan Gedung Madrasah Tsanawiyah Minhajul Islamiyah di salah satu wilayah pinggiran Kota Palembang agar siswa dapat belajar dengan baik.

Tim Program ACT Sumsel Aris Lazuardi di Palembang, Rabu, mengatakan para siswa MTs Minhajul Islamiyah yang berlokasi di Kelurahan Pulokerto Kota Palembang tersebut selama tiga tahun terakhir harus belajar di masjid 
karena gedung belajar tidak layak.

"Kami ingin membangunkan gedung permanen untuk siswa melalui program Sekolah Tepian Negeri," ujarnya.

Menurut dia, sumber dana pembangunan berasal dari urun dana kolektif para donatur dan donasi lewat platform kitabisa.com https://kitabisa.com/sekolahtepianmusi.

MTs Minhajul Islamiyah menjadi tumpuan para orang tua di Kelurahan Pulokerto dalam menyekolahkan anaknya karena di wilayah tersebut hanya ada sekolah dasar, sedangkan sekolah jenjang SMP terdekat berjarak 10 kilometer.

Salah seorang guru MTs Minhajul Islamiyah Davitra mengatakan sekolah tersebut sudah mendapat tanah wakaf seluas 20x20 meter dari warga untuk dibangunkan gedung, namun pihaknya sangat kekurangan biaya.

"Kami berupaya mencicil pembangunan gedung dengan biaya seadanya," ujar Davitra.

Selain kesulitan gedung, para siswa juga harus menanggung sulitnya akses menuju sekolah karena sebagian siswa menggunakan perahu ketek menyeberangi Sungai Musi untuk sampai ke MTs Minhajul.

ACT Sumsel mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program Sekolah Tepian untuk negeri agar semakin banyak anak-anak wilayah pelosok dapat mengenyam pendidikan yang layak.

Sebelumnya ACT Sumsel telah membangun gedung Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung Kabupaten Banyuasin pada Agustus 2020 dengan biaya mencapai Rp500 juta.