Nelayan OKI hemat ongkos melaut berkat konversi BBM ke BBG

id kabupaten oki,ogan komering ilir,pemkab oki,nelayan,nelayan oki,konversi bbm,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara

Nelayan OKI hemat ongkos melaut berkat  konversi BBM ke BBG

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir H M Dja’far Shodiq menyerahkan bantuan program konversi BBM ke BBG. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Sejumlah nelayan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, bisa menghemat ongkos melaut berkat mengikuti program konversi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OKI Irawan di Kayuagung, Jumat, mengatakan nelayan dapat mengurangi biaya hingga 50 persen dibandingkan sebelumnya.

“Harga Bahan bakar gas (BBG) ini lebih murah dibanding BBM per liternya. Penghematan biaya operasional dengan menggunakan LPG berkisar 30-50 persen dibanding saat menggunakan BBM (minyak solar). Di beberapa tempat bahkan bisa menghemat hingga 80 persen,” kata dia.

Bantuan ini merupakan tahapan kedua yang diterima oleh nelayan di Kabupaten OKI sejak tahun lalu sebanyak 950 paket. Sementara tahun ini sejumlah 1.707 paket untuk 5 Kecamatan antara lain, Kayuagung 491 paket, SP Padang 433 paket, Jejawi 404 paket, Pampangan 278, Pedamaran 101 paket.

“Ribuan paket bantuan mesin ini akan disalurkan secara bertahap kepada nelayan,” kata dia.

Pembagiannya dilakukan bertahap dimulai 21 Oktober hingga 19 November 2020 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, yakni rata-rata perhari sebanyak 50-60 nelayan.

Sementara itu, Wakil Bupati Ogan Komering Ilir H M Dja’far Shodiq menambahkan, Pemkab OKI akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan warganya. Untuk itu, dia berharap bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan.

Bahkan, ia berharap agar sekitar 33 ribu nelayan di OKI mendapatkan bantuan yang sama.

“Dengan bantuan ini mungkin belum mencukupi secara keseluruhan, tapi bantuan ini akan sangat tepat sekali. Manfaatkan bantuan sebaik-baiknya,” kata dia.