Disnakan targetkan populasi anak sapi capai 11 ribu ekor

id 11 ribu anak sapi, target populasi ternak, Disnakan OKU Timur, optimis mencapai target, gelar bimtek dan pelatihan

Disnakan targetkan populasi anak sapi  capai 11 ribu ekor

Kepala Disnakan Kabupaten OKU Timur, Tubagus Sunarseno. (ANTARA/HO/20)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan menargetkan jumlah populasi anak sapi atau pedet di wilayah setempat mencapai 11 ribu ekor bertambah ditahun 2021 mendatang.

"Dibulan ke dua tahun depan kelahiran anak sapi atau pedet ditargetkan mencapai 11 ribu ekor dari seluruh peternakan di OKU Timur," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Jumat.

Menurut dia, pihaknya optimis dapat mencapai target tersebut sehingga OKU Timur bisa meraih predikat populasi ternak hewan terbaik di Provinsi Sumsel.

"Hingga saat ini baru 8 ribu anak pedet dan target akan tercapai dibulan Februari 2021," katanya

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya melakukan Pelatihan Teknis Tematik Peternakan (Reproduksi) yang diikuti 30 petugas insminator di 20 kecamatan di OKU Timur.

Petugas insminator ini dibekali dengan kehalihan mengatasi sapi agar dapat melahirkan dengan normal.

"Petugas insminator ini juga wajib melakukan pemeriksaan kebuntingan dan mengambil tindakan kalau sapi tidak bisa lahir nomal dengan operasi cesar," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Disnakan OKU Timur juga mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Bank Pakan Ternak guna mendongkrak wilayah setempat agar dapat memenuhi target popikasi hewan ternak terbaik di Sumsel.

"Tujuan Bimtek yang digelar beberapa waktu lalu ini supaya para peternak dapat memanfaatkan jerami untuk penambah pakan hewan ternak," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar