Update 21 Juli: Kasus positif COVID-19 di Sumsel hari ini bertambah 58 orang, Palembang masih menempati urutan teratas

id corona,covid-19,anti virus,pasien positif,gugus tugas,covid di sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari in

Update 21 Juli: Kasus positif COVID-19 di Sumsel hari ini  bertambah 58 orang, Palembang masih menempati urutan teratas

Ilustrasi

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Warga Sumatera Selatan terkonfirmasi positif COVID-19 kembali bertambah 58 orang pada 21 Juli sehingga total menjadi 3.112 kasus, sementara gugus tugas juga mulai bersiap menerapkan nomenklatur baru setelah gugus tugas pusat dilebur ke Komite Penanganan COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumsel Yusri, Selasa, mengatakan 58 kasus baru tersebut berasal dari Palembang (30 orang), Muara Enim (14), Banyuasin (10), Ogan Ilir (dua), serta Lubuklinggau dan OKU Timur masing-masing satu orang.

Baca juga: Update 21 Juli: Kasus positif COVID-19 di Sumsel hari ini bertambah 58 orang, Palembang masih menempati urutan teratas

"Bagaiamanpun capeknya kondisi saat ini, kita semua harus sama-sama semangat mencegah agar COVID-19 ini cepat selesai," ujarnya.

Menurut dia meski pemerintah menjadikan GTPP sebagai sub tugas atau tidak lagi berdiri sendiri, namun penanganan COVID-19 di Sumsel tetap berjalan dengan nomenklatur baru yang diterapkan mulai awal Agustus 2020.

GTPP Sumsel akan menyesuaikan penugasan terbaru itu ke 17 kabupaten/kota lainnya dengan sosialisasi selama satu pekan ke depan,  ia menegaskan bahwa gugus tugas hanya melebur ke otorisasi lain dan tugas pokok penanganan terus dilanjutkan.

Baca juga: Uji coba awal vaksin COVID-19 Oxford pada manusia beri hasil menjanjikan

Sebab Gubernur Sumsel sebelumnya juga telah membentuk tim ahli percepatan penanganan COVID-19 sebagai penyusun rekomendasi teknis untuk kabupaten/kota agar dapat menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), di mana dalam penyusunanya masih memerlukan kontribusi gugus tugas.

"Apapun nanti bentuk gugus tugasnya, yang penting masyarakat tetaplah mematuhi protokol kesehatan karena kasus di Sumsel masih tinggi dan  bertambah setiap hari," tambahnya.

Baca juga: Erick Thohir: Vaksin COVID beredar 2021, protokol kesehatan tetap penting

Dari total 3.112 kasus positif per 21 Juli terdapat 1.595 kasus dinyatakan selesai, sementara total kasus aktif yang masih ditangani berjumlah 1.517 kasus.

Ke 1.517 kasus tersebut dirawat di Kota Palembang (1.148 orang), Kabupaten Banyuasin (103 kasus), Muara Enim (78 kasus), PALI (44 kasus), Musi Banyuasin (21 kasus), Ogan Ilir (42 kasus), Lubuklinggau (enam kasus), Ogan Komering Ilir (OKI) tujuh kasus, Prabumulih (11), Pagaralam (enam), Lahat (empat), OKU Timur (tiga), Empat Lawang (satu), OKU Selatan (dua), OKU (satu), Musi Rawas (satu), dan luar wilayah (tujuh kasus).