Tiga anak buah John Kei menyerahkan diri

id john kei,kelompok john kei,anak buah john kei serahkan diri,kasus john kei

Tiga anak buah John Kei menyerahkan diri

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus perlihatkan barang bukti senjata api yang digunakan dalam rangkaian kasus di Perumahan Green Lake, Tangerang. ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga orang anak buah John Kei yang diduga terlibat dalam kasus penyerangan di Perumahan Green Lake, Tangerang menyerahkan diri kepada pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Senin, menjelaskan,
tiga orang yang kini berstatus tersangka tersebut diketahui berperan melepaskan tembakan hingga menabrak satpam perumahan menggunakan mobil.

Ia menjelaskan tersangka pertama diketahui berinisial MAN, yang menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya.

"Peran MAN ada di dalam satu kendaraan di mobil Calya dan ikut melakukan penembakan sehingga di kendaraan itu ada dua senjata api," kata Yusri.

Dijelaskan Yusri, dari tangan MAN polisi menyita senjata api yang digunakan di gerbang perumahan setelah melakukan perusakan di rumah Nus Kei.

Tersangka kedua yang menyerahkan diri berinisial PM, perannya ikut serta dalam aksi penyerangan di kediaman Nus Kei.

Baca juga: 47 orang diduga terlibat dalam kasus John Kei
Baca juga: Terlibat pembunuhan berencana, SK pembebasan bersyarat John Kei dicabut


"PM alias Oskar dia juga menyerahkan diri di daerah Cikarang. Jadi mereka merasa resah semua, dia takut jadi buronan dan dia telepon polisi di sana dan dijemput oleh polisi," ungkap Yusri.

Tersangka ketiga diketahui berinisial ARK, yang bersangkutan menyerahkan diri ke Polres Metro Jakarta Timur.

Setelah diperiksa, ARK mengaku mengendarai Toyota Innova yang menabrak satpam di perumahan Green Lake setelah melakukan perusakan rumah Nus Kei.

"ARK alias G, dia menyerahkan diri ke Polres Jakarta Timur. Perannya pada saat itu dia inilah yang menabrak sekuriti pada saat itu dengan menggunakan Innova. Jadi Fortuner yang nabrak pagar dan yang tabrak sekuriti itu Innova, inilah pelakunya," kata Yusri.

Yusri mengatakan dengan ditangkapnya tiga orang ini, tersangka yang berhasil ditangkap dalam rangkaian kasus John Kei telah mencapai 39 orang.

Yusri belum merinci kapan ketiga tersangka baru tersebut menyerahkan diri ke kepolisian.

Baca juga: Melan Refra, putri John Kei sambangi Polda Metro Jaya besuk sang ayah
Baca juga: Dua orang anak buah John Kei positif menggunakan narkoba


Meski demikian Yusri mengatakan jumlah tersangka ini bisa saja bertambah seiring dengan berjalannya proses penyidikan.

Polda Metro Jaya menangkap John Kei dan puluhan anak buahnya lantaran terlibat pengeroyokan dengan senjata tajam yang berujung tewasnya Yustus Corwing Rahakbau (46) dan seorang pria berinisial ME alias A menderita luka berat pada Minggu siang.

Selain itu, anak buah John Kei juga terlibat dalam sejumlah tindakan melawan hukum seperti penyalahgunaan senjata api dan perusakan serta percobaan pembunuhan terhadap Nus Kei di Cipondoh, Tangerang.

Atas kejadian tersebut, Tim Gabungan Polda Metro Jaya telah melakukan penangkapan terhadap John Kei dan 38 orang anak buahnya sebagai tersangka.