Partai PDI Perjuangan juga anti PKI

id ganjar pranowo,partai pki,PDI Perjuangan,anti pki,ideologi terlarang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel h

Partai PDI Perjuangan juga anti PKI

Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan yang menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menegaskan PDI Perjuangan termasuk dalam barisan yang sesuai konstitusi dan dasar negara serta anti Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Dari video (pembakaran bendera PKI dan PDI Perjuangan) itu ada upaya menyudutkan bahwa seolah-olah PDI Perjuangan itu PKI. Maaf ya, tidak, kita orang beragama, kita juga anti dengan PKI," katanya, di Semarang, Kamis.

Ia meminta kader PDI Perjuangan tetap tenang dan tidak terpancing provokasi pembakaran bendera PDI Perjuangan.

Baca juga: Jajaran Korem 044/Garuda nobar film G30S/PKI
Baca juga: Wapres nilai UU KPK tidak lemahkan penindakan korupsi


"Saya orang PDI Perjuangan sudah cukup lama, saya bukan PKI, kami PDI Perjuangan. Kami juga tidak setuju PKI, itu sudah jelas. Jadi semua yang dilarang, kami tidak ada di sana. Kami ada di barisan yang sesuai konstitusi dan dasar negara," ujarnya.

Menurut dia, DPP PDI Perjuangan sudah menyiapkan untuk mengambil langkah-langkah hukum dan itu merupakan cara terbaik karena PDI Perjuangan sudah sangat terbiasa bergerak secara konstitusional.

"Ingat 1996, bagaimana kita diinjak-injak gak karuan, itu adalah perjuangan yang cukup panjang. Siapa yang menginjak-injak tidak ada yang tidak tahu, semua tahu, kami bertahan secara konstitusional dan Bu Mega memerintahkan ambil jalur hukum, cara itulah yang akhirnya kami dipercaya," katanya.

Pranowo justru mempertanyakan massa pembakar bendera itu memperoleh bendera PKI dari mana.

"Saya gak tahu dapat benderanya PKI dari mana, pasti bendera PKI itu diproduksi. Menurut saya, penegak hukum ambil saja siapa yang membakar, Anda dapat bendera PKI dari mana? Dugaan saya mereka menyablon sendiri itu," ujarnya.

Baca juga: Ahmad Basarah: Tidak ada ruang bagi kebangkitan PKI

Seperti diwartakan, beredar video demonstrasi penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila yang adalah inisiatif DPR melalui fraksi-fraksi partai politiknya di depan Gedung Parlemen, di Jakarta, Rabu (24/6).


Dalam aksi demonstrasi tersebut, juga terekam kejadian sejumlah demonstran membakar bendera, dan salah satunya yakni bendera PDI Perjuangan.